Wahana Edukasi Akuarium Air Laut dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur

Kurniata, I Dewa Bagus Andi (2018) Wahana Edukasi Akuarium Air Laut dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000059-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08111440000059-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kekayaan laut yang melimpah, namun keberadaan sumber daya ini mulai menurun utamanya bagi berbagai jenis ikan yang digunakan sebagai pangan. Jika eksploitasi tanpa pemulihan ekologi tetap dilakukan, stok ikan di Indonesia akan anjlok hingga 81 persen pada 2035. Salah satu jenis ikan yang mulai terancam keberadaannya adalah ikan tuna baik pada spesies sirip kuning, sirip biru, mata besar, maupun albakor. Padahal jenis ikan ini tidak hanya mampu memberikan sumber pangan tetapi juga dapat menjadi sumber pemasukan bagi Indonesia.
Menurunnya populasi ikan khususnya tuna di Indonesia terjadi karena adanya illegal fishing dan eksploitasi berlebih. Ikan ditangkap tanpa melihat usia dari ikan tersebut. Hal ini menyebabkan ikan yang tertangkap belum memasuki masa reproduksi sehingga berdampak pada jumlah ikan yang ada dilautan. Selain itu penangkapan tanpa melihat usia ikan juga dapat menurunkan kualitas dari ikan yang ditangkap sehingga banyak ikan yang terbuang sia-sia.
Arsitektur dapat membantu menyelesaikan masalah menurunnya populasi ikan dengan menciptakan sebuah wadah yang mampu menekan berkurangnya sumber pangan ini. Salah satu fasilitas tersebut adalah akuarium air laut. Dengan mempertimbangkan dampak ekologi akuarium ini tidak hanya digunakan sebagai konservasi biota laut, namun juga diharapkan mampu menjadi sarana edukasi budidaya bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuarium, Biomorphic, Biophilic Design, Ekologi, Populasi Ikan
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH157.85 Artificial reefs.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: I Dewa Bagus Andi Kurniata
Date Deposited: 18 Jun 2021 11:23
Last Modified: 18 Jun 2021 11:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55533

Actions (login required)

View Item View Item