Analisis Kekuatan Memanjang Tongkang Pengangkut Muatan Berat dan Panjang

Rohman, Syaifur (2018) Analisis Kekuatan Memanjang Tongkang Pengangkut Muatan Berat dan Panjang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4311100027 - Syaifur Rohman_Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui batas kemampuan strukur dalam menahan beban perlu dilakukan sebuah analisis yang berkaitan tentang kekuatan struktur tersebut. Pada tugas akhir ini dilakukan analisis kekuatan memanjang kapal tongkang dengan muatan berupa bentang jembatan yang akan ditransportasikan dari Surabaya menuju ke Jayapura. Seperti yang telah disyaratkan oleh badan/biro klasifikasi, bahwa perhitungan kekuatan memanjang wajib dilakukan untuk kapal dengan panjang minimal 65 m (BKI, 2017). Perhitungan gaya geser dan momen lengkung menggunakan Maxsurf dengan input model tongkang serta hasil perhitungan beban-beban yang bekerja pada tongkang dengan berbagai skenario yang direncanakan. Dalam Kemudian dilakukan pengecekan kekuatan memanjang tongkang sesuai dengan aturan dari BKI dan ABS. Analisis terakhir yang dilakukan adalah analisis lokal menggunakan software ANSYS pada daerah tongkang yang diduga rentan terhadap kegagalan selama operasi. Dari hasil perhitungan diperoleh gaya geser dan momen lengkung maksimum terjadi pada skenario 1 dengan sarat tongkang 3,3 m sebesar 1212 ton dan 31648 ton.m. Hasil pengecekan klasifikasi meliputi tegangan, modulus penampang dan inersia telah memenuhi persyaratan dari BKI dan ABS. Kemudian dari analisa lokal, didapatkan tegangan maksimum sebesar 195,93 MPa pada bottom structure (bracket) yang terdapat pada frame 27. Struktur lokal tongkang mengalami deformasi elastis karena tegangan yang didapatkan lebih kecil dari tegangan yield material, yaitu sebesar 250 MPa. ====================================================================================================== To determine the limits of the structure's ability to hold the loads, an analysis of the strength of the structure is needed. This final project is about longitudinal strength analysis of the barge with a bridge span loaded above the barge will be transported from Surabaya to Jayapura. As required by the classification society, that calculation of longitudinal strength shall be included for ships with a minimum length of 65 m (BKI, 2017). Calculation of shear forces and bending moments using Maxsurf with barge model input as well as calculation of loads that work on the barge with various scenarios planned. After that, the longitudinal strength requirement of barge according to the rules of BKI and ABS will be checked. The last analysis carried out was a local analysis using ANSYS software on barge areas that were suspected of being susceptible to failure during operation. From the calculation result, maximum shear force and bending moment are 1212 tonnes and 31648 tonnes.m that occur in scenario 1 which have 3,3 m in draft. The results of classification checking include permissible stress, cross section modulus and inertia were satisfy the requirements of BKI and ABS. Then from the local analysis, obtained a maximum von mises stress a 195.93 MPa on the bottom structure (bracket) contained in frame 27. Local barge structure occured elastic deformation because the stress obtained is smaller than the yield strength of the material, which is 250 MPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.89 Roh a-1 3100018078386
Uncontrolled Keywords: Longitudinal Strength, Shear Force, Bending Moment, BKI, ABS
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1665 Offshore structures--Materials.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syaifur Rohman
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:38
Last Modified: 15 Dec 2020 02:38
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55556

Actions (login required)

View Item View Item