Studi Kelayakan Rencana Pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri

Puspaningrum, Andini Diah (2018) Studi Kelayakan Rencana Pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000014-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lalu lintas harian pada Jalan Tol Ruas Ngawi - Kertosono seksi Nganjuk - Caruban terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena di Nganjuk terkoneksi dengan jalan arteri menuju Kota Kediri. Selain itu kondisi saat ini pada jalan arteri Kertosono - Kediri hanya terdiri dari 2 lajur tanpa pembatas dan 1 lajurnya hanya untuk 1 kendaraan besar. Dalam upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan, maka pemerintah merencanakan pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri. Pada tugas akhir ini, penulis menganalisa kelayakan Jalan Tol Kertosono - Kediri dari segi ekonomi dan finansial dengan mengolah data-data volume kendaraan serta penghematan biaya dan waktu perjalanan.
Untuk menyelesaikan studi ini, maka diperlukan data-data berupa data primer dan sekunder. Studi kelayakan dilakukan dengan menghitung derajat kejenuhan jalan eksisiting without project dan with project, biaya operasional kendaraan menggunakan metode Pacific Consultants International, nilai waktu menggunakan metode produktivitas, Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Economic Internal Rate of Return (EIRR), tarif tol, Financial Internal Rate of Return (FIRR), pay back period serta melakukan analisis sensitivitas.
Dari hasil studi, didapatkan analisa kelayakan ekonomi yaitu nilai BCR sebesar 4,33 pada seksi I dan 9,83 pada seksi II; nilai NPV sebesar Rp 5.991.594.243.186 pada seksi I dan Rp 16.114.855.492.422 pada seksi II; serta nilai EIRR sebesar 19,95% pada seksi I dan 35,20% pada seksi II. Sedangkan untuk analisa kelayakan finansial didapatkan hasil yaitu nilai BCR sebesar 1,73 pada seksi I dan 1,83 pada seksi II; nilai NPV sebesar Rp 1.315.536.179.814 pada seksi I dan Rp 1.517.967.830.589 pada seksi II; nilai FIRR sebesar 12,11% pada seksi I dan 12,62% pada seksi II; serta pay back period pada tahun ke-21 untuk seksi I dan tahun ke-19 untuk seksi II. Sehingga pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri dapat dinyatakan layak dari segi ekonomi dan finansial. Selain itu dari hasil analisis sensitivitas diketahui bahwa pembangunan Jalan Tol Kertosono - Kediri akan tetap layak untuk dilaksanakan apabila kenaikan nilai investasi pada seksi I tidak lebih dari 70% atau sebesar Rp 875.608.061.154 dan pada seksi II tidak lebih dari 80% atau sebesar Rp 1.015.305.072.967, kemudian untuk pendapatan tol setelah jalan tol beroperasi tidak mengalami penurunan dibawah 40% pada seksi I dan II, serta jika kedepannya terjadi perubahan suku bunga, maka batas perubahan pada seksi I dan II yaitu menjadi 12%.
=======================================================================================================
Daily traffic on Ngawi - Kertosono section and Nganjuk - Caruban section of toll roads continue to increase. This happens because Nganjuk is connected within the artery road that goes into Kediri. In addition, the current conditions on the arterial road of Kertosono - Kediri consists of only 2 lanes without border and one lane for one large vehicle only. In an effort to improve the accessibility and capacity of the road network, the government plans to build Kertosono - Kediri Toll Road. In this final project, the writer analyze the feasibility of Kertosono - Kediri Toll Road from the economic and financial aspect by processing the data of vehicle volume as well as cost saving and travel time.
To complete this study, it is necessary to obtain data in the form of primary and secondary data. The feasibility study is conducted by calculating the degree of saturation of the exisiting road with project and without project, the operational cost of the vehicle using Pacific Consultants International method, the value of time using the productivity method, Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Economic Internal Rate of Return (EIRR), toll rates, Financial Internal Rate of Return (FIRR), pay back period. Sensitivity analysis should also be performed.
From the result of the study, the data obtained from economic feasibility are as follow: value of BCR at 4,33 in section I and 9,83 in section II; while the value of NPV are Rp 5.991.594.243.186 in section I and Rp 16.114.855.492.422 in section II; and EIRR value of 19,95% in section I and 35,20% in section II. While data obtained from financial feasibility analysis are as follows: value of BCR equal to 1,73 in section I and 1,83 in section II; the value of NPV amounting to Rp 1.315.536.179.814 in section I and Rp 1.517.967.830.589 in section II; FIRR value of 12,11% in section I and 12,62% in section II; and the pay back period in the 21th year for section I and 19th year for section II. It means that the construction of Kertosono - Kediri Toll Road can be declared feasible economically and financially. In addition, from sensitivity analysis result, it is known that the development of Kertosono - Kediri Toll Road will still be feasible to be implemented if the investment value’s increase in section I is not more than 70% or Rp 875.608.061.154 and also not more than 80% or equal to Rp 1.015.305.072.967 section II, toll revenues after the toll road operates should not decrease below 40% in section I and II, and if there is a change of interest rate in the future, the limit of change in section I and II is 12%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 625.7 Pus s-1 3100018077339
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol Kertosomo - Kediri, Studi Kelayakan Ekonomi, Studi Kelayakan Finansial, Analisis Sensitivitas, Kertosono - Kediri Toll Road, Economic Feasibility Study, Financial Feasibilty Study, Sensitivity Analysis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Andini Diah Puspaningrum
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:58
Last Modified: 16 Oct 2020 00:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55602

Actions (login required)

View Item View Item