Analisa Scouring Pada Bagian Bawah Jembatan, Pada Rencana Sudetan Kali Tanggul, Jember, Jawa Timur

Al Qorni, Muhammad Rizqi Uwais (2018) Analisa Scouring Pada Bagian Bawah Jembatan, Pada Rencana Sudetan Kali Tanggul, Jember, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3116105017-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kawasan Kali Tanggul anak sungai Sungai Bondoyudo, merupakan kawasan rawan banjir pada setiap musim penghujan, debit air yang melewati Kali Tanggul sangat besar dan dimensi kali tanggul yang kecil dan ditambah dengan penumpukan sedimen pada saluran Kali Tanggul menyebabkan genangan yang besar di kawasan desa Kepanjen, Kabupaten Jember. Banjir yang terjadi sampai merusak tanggul pembatas kali tanggul dan jalan desa. Rekayasa aliran sungai dilakukan pemerintah sebagai antisipasi penanggulangan banjir di daerah tersebut. Pemerintah daerah Kabupaten Jember merencanakan bangunan, sehingga diharapkan debit yang sangat besar pada saat musim hujan dapat terbagi melalui sudetan tersebut, sehingga dapat mengurangi jumlah debit yang harus melewati kali tanggul. Rencana pembangunan sudetan ini direncanakan melewati bagian bawah Jembatan JLS (Jalur Lintas Selatan), dan tidak pada sampai muara sungai/laut. Adanya aliran air sudetan yang direncanakan akan melewati bagian bawah jembatan JLS (Jalur Lintas Selatan) ini dapat menyebabkan perubahan pada morfologi dasar berupa agradasi atau degradasi sedimen. Jika terjadi agradasi, dasar sungai akan mengalami pendangkalan dan tinggi bebas antara muka air sungai dengan bagian bawah jembatan juga berkurang. Jika terjadi degradasi, maka erosi dasar sungai akan mengakibatkan sungai semakin dalam,, erosi tebing yang mengakibatkan sungai semakin lebar, sehingga menyebabkan terjadinya deposisi meander sungai. ii Selain itu perubahan yang terjadi akibat adanya aliran di bawah jembatan dapat mengganggu keseimbangan material dasar sungai terganggu dan kestabilan struktur dari jembatan tersebut. Adanya struktur bagian bawah jembatan dapat menyebabkan pengendapan sedimen yang terus menerus sehingga dapat menyebabkan terjadinya banjir karena kapasitas sungai yang berkurang, sedangkan sedimen yang terus-menerus terkikis akibat bertambahnya kecepatan aliran akan membuat struktur jembatan yang berada di atasnya menjadi tidak stabil. Pada tugas akhir ini dilakukan permodelan dengan program bantu Hec-Ras sebanyak tiga permodelan. Kemudian untuk analisa scouring dilakukan pula dengan program bantu Hec-Ras 4.1.0. setelah dilakukan analisa dengan Hec-Ras, didapatkan scouring maksimal yang terjadi pada bagian bawah jembatan akibat debit dan pasang surut air laut sebesar 5.40 m. Perlindungan scouring yang terjadi di pier maupun di abutmen adalah dengan pemasangan proteksi riprap. Dimensi batu belah yang digunakan dicari berdasarkan persamaan Isbash. Didapatkan dimensi batu belah yang digunakan adalah 20 cm. Dan layout untuk proteksi riprap pada pier jembatan sepanjang 4.40 m ke semua arah. Perlindungan untuk abutmen jembatan diletakkan melingkar pada bagian abutmen. ==================================================================================================== Kali Tanggul, an area prone to flooding in every rainy season, the water debit passing through Kali debit is very large and the dimension of small embankment times and coupled with the accumulation of sediments on the Kaliul River channel causes a large pool in the area of Kepanjen village, Jember regency. Floods that occur to damage the dike boundary times dikes and village roads. River flow engineering is carried out by the government in anticipation of flood mitigation in the area. The local government of Jember Regency is planning the building, so it is expected that very large discharge during the rainy season can be divided through the sieve, thus reducing the amount of discharge that must pass through the embankment. The plan for the construction of the spacecraft is planned to pass through the bottom of the JLS Bridge (South Cross Pass), and not to the mouth of the river / sea. The existence of the planned water flow of the sled will pass through the bottom of the JLS bridge (South Cross Lane) this can cause changes in the basic morphology of agradasi or sediment degradation. In the event of agradation, the river bed will undergo siltation and the free height between the river water level and the bottom of the bridge is also reduced. If there is degradation, then the erosion of the river bottom will result in deeper river, erosion of the cliff that causes the river to become wider, causing the deposition of river meander. In addition, changes that occur due to the flow under the bridge can disrupt the balance of disturbed river bed material and structural stability of the bridge. The existence of the undercarriage structure of the bridge can lead to sediment deposition continuously so as to cause flooding due to reduced river capacity, while the sediment is constantly eroded due to increasing flow velocity will make the structure of the bridge on it becomes unstable. In this final project done modeling with Hec-Ras auxiliary program three times. Then for scouring analysis is also done with auxiliary program Hec-Ras 4.1.0. after analyzing with Hec-Ras, got maximum scouring that happened at the bottom of the bridge due to discharge and tidal water of 5.27 m. Scouring protection occurring in pier and abutment is with the installation of riprap protection. The dimensions of the stones used are sought based on the Isbash equation. Obtained dimension of stone used is 20 cm. And the layout for riprap protection along the 4.40 m in all directions. Protection for abutment of the bridge is placed in a circle on the abutment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sudetam, scouring, jembatan, kali tanggul, jember, waterway diversion, scouring, bridge, tanggul river.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC167 Dams, reservoirs
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Muhammad Rizqi Uwais Al Qorni
Date Deposited: 06 Mar 2021 00:37
Last Modified: 06 Mar 2021 00:37
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55610

Actions (login required)

View Item View Item