Pengaruh Lubang Pada Piringan Cakram Terhadap Distribusi Temperatur Kampas Rem Cakram

Al Hakim, Muhammad Wildan (2018) Pengaruh Lubang Pada Piringan Cakram Terhadap Distribusi Temperatur Kampas Rem Cakram. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02111645000025-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen yang terpenting pada sistem pengereman adalah kampas rem. Kampas rem merupakan komponen yang berfungsi untuk memperlambat, menghentikan putaran poros, mengendalikan poros dan untuk keselamatan. Komposisi struktur bahan kampas rem ada dua macam yaitu asbestos dan non asbestos. Kampas rem asbestos akan mengalami kehilangan kemampuan pengereman (fadding) pada temperatur 200ºC. Kejadian ini dapat terjadi jika terjadi panas yang berlebihan yang diakibatkan gesekan terus menerus antara kampas rem dan piringan cakram, sehingga membuat kemampuan pengereman hilang. Pada Penelitian Tugas Akhir ini dihasilkan temperatur permukaan atau temperatur rata – rata dari kampas rem dengan menggunakan metode elemen hingga, Simulasi metode elemen hingga dalam analisis proses pengereman mampu mengungkap banyak informasi, yang sebelumnya tidak dapat diakses dengan percobaan Untuk mendapatkan hasil simulasi yang terpercaya, setiap tahapan prosedur metode elemen hingga harus diverifikasi. Dengan demikian, verifikasi tahapan simulasi MEH menjadi sangat penting. Tahapan dari penelitian ini terdiri dari pembuatan model, simulasi model awal, kemudian hasil simulasi model awal akan dibandingkan dengan hand calculation , setelah itu dilakukan pembuatan model sebenarnya, kemudian dilakukan penambahan dan variasi bentuk lubang. Penambahan lubang berjumlah delapan lubang dilakukan pada 3 diameter berbeda yaitu diameter 166 mm, 181 mm, 200 mm. Bentuk lubang bulat diubah menjadi memanjang dan elips. Permodelan dilakukan dengan bantuan software SolidWorks 2015, dan untuk proses simulasi dilakukan dengan bantuan software Finite Element. Proses pengereman yang dimodelkan adalah pada rem cakram motor supra x 125 dengan material kampas rem yang digunakan adalah Asbestos dan material dari piringan cakram adalah Cast Iron. Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan pengaruh penambahan jumlah lubang dan variasi bentuk lubang terhadap distribusi temperatur kampas rem cakram. Dari hasil yang didapat dari simulasi proses pengereman pada model kampas rem motor honda supra x 125 didapatkan bahwa lubang mempengaruhi distribusi temperatur pada kampas rem, hasil dari simulasi permukaan akhir kampas rem yang bergesekan dengan piringan cakram memiliki kenaikan temperatur tertinggi sedangkan pada permukaan awal terjadinya gesekan dengan piringan cakram menghasilkan kenaikan temperatur terendah. Permukaan piringan cakram tanpa lubang apabila dibandingkan permukaan piringan cakram dengan 40 lubang menghasilkan penurunan kenaikan temperatur yang signifikan. Dengan penambahan 8 lubang pada diameter 166 mm, 181 mm , dan 200 mm tidak mengubah kenaikan temperatur permukaan kampas rem secara signifikan, sedangkan merubah bentuk lubang dari bulat menjadi memanjang dan elips sedikit menurunkan kenaikan temperatur permukaan kampas rem. ======================================================================================================= One of the most important components of the braking system is the brake lining. Brake lining is a component that serves to slow down, stop the rotation of the shaft, control the shaft and for safety. The composition of brake lining material there are two kinds of asbestos and non asbestos. Asbestos brake pads will experience a loss of braking ability (fadding) at a temperature of 200ºC. This event can occur in case of excessive heat caused by continuous friction between the brake lining and disc plates, thus making the braking ability disappear. In this final research, surface temperature or average temperature of brake linings is obtained by finite element method, finite element finite simulation method in braking process analysis able to reveal many information, previously not accessible by experiment To get the simulation result trusted, each stage of the finite element method procedure must be verified. Thus, the verification of the simulation stage becomes very important. The stages of this research consist of modeling, simulation of the initial model, then the results of the initial model simulation will be compared with the hand calculation, after which the actual modeling is made, then the addition and variation of the hole form. The addition of eight holes is done in 3 different diameters of 166 mm diameter, 181 mm, 200 mm. The shape of the round hole is changed to elongate and ellipse. Modeling is done with the help of SolidWorks 2015 software, and for the simulation process is done with the help of Finite Element software. The braking process that is modeled on the disc brakes supra x 125 motor with brake lining material used is Asbestos and the material of the disk disc is Cast Iron. This research is expected to show the effect of increasing the number of holes and variations of hole shape to the disc brakes disc distribution temperature. From the results obtained from the simulation of the braking process on the brake model of honda supra x 125 motor that affect the distribution of temperature distribution on the brake lining, result of simulation the brake end surface of the brake that rubs against the disk disk has the highest temperature rise while on the initial surface of the friction with disc disks producing the lowest temperature rise. The disk surface without holes when compared to the disk surface with 40 holes resulted in a significant decrease in temperature rise. With the addition of 8 holes in diameter 166 mm, 181 mm, and 200 mm did not alter the rise of surface temperature of the brake lining significantly, while changing the shape of the hole from the round to elongate and the ellipse slightly lowered the brake surface temperature increase of the brake lining.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.246 Alh p-1 3100018076838
Uncontrolled Keywords: Kampas rem, Rem cakram, Asbestos, Fadding, Temperatur, Finite Elemen.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL269.C474 Brakes--Maintenance and repair
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL440 Motorcycles.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Wildan Al Hakim
Date Deposited: 15 Oct 2020 23:39
Last Modified: 15 Oct 2020 23:39
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55643

Actions (login required)

View Item View Item