Analisa kecelakaan lalu lintas pada frontage road sisi timur Jalan Ahmad Yani kota Surabaya

Raharjo, Miftahul Bahri (2018) Analisa kecelakaan lalu lintas pada frontage road sisi timur Jalan Ahmad Yani kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
10111410000013 _Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ruas frontage road sisi timur Jalan Ahmad Yani yang terletak di ujung selatan Kota Surabaya merupakan jalan raya yang sibuk dan padat karena menjadi pintu gerbang keluarnya kendaraan dari Kota Surabaya menuju Kota Sidoarjo sehingga menjadikan jalan tersebut rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah faktor kecepatan kendaraan. Oleh sebab itu, maka perlu dilakukan analisa kecelakaan lalu lintas pada frontage road sisi timur Jalan Ahmad Yani Surabaya. Dalam melakukan analisa kecelakaan lalu lintas pada pada frontage road sisi timur Jalan Ahmad Yani Surabaya, maka tahapan yang dilakukan meliputi survey kendaraan ( volume dan kecepatan), analisa lalu lintas menggunakan MKJI 1997, analisa daerah rawan kecelakaan menggunakan metode tingkat kecelakaan dan angka ekuivalen kecelakaan sesuai Pd T -09- 2004-B, analisa biaya kecelakaan menggunakan metode the gross output (human capital) sesuai Pd T-02-2005-B, analisa korelasi antara faktor kecepatan dengan tingkat kecelakaan dan mencari solusi untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan. iv Hasil analisa memperlihatkan bahwa karakteristik kecelakaan pada periode 2015 – 2017 sebanyak 21 kejadian dengan korban paling banyak yaitu luka ringan sebesar 74% serta pengguna jalan yang mengalami konflik terbanyak yaitu kendaraan roda 2 sebesar 71%. Tingkat kecelakaan yang terjadi rata – rata per tahun sebesar 633 kecelakaan / seratus juta perjalanan kendaraan per-kilometer. Tingkat fatalitas yang terjadi rata – rata per tahun sebesar 162 kecelakaan / seratus juta perjalanan kendaraan per-kilometer. Lokasi titik rawan kecelakaan (black spot) yaitu terletak pada STA 1+700 – 2+000 yang berlokasi di sekitar kampus UINSA. Tingginya tingkat kecelakaan dipengaruhi oleh faktor kecepatan kendaraan yang melintas yang memiliki korelasi kuat dengan nilai r lebih dari 0,7. Besarnya biaya akibat kecelakaan rata - rata per tahun sebesar Rp1.503.886.129 dengan biaya korban kecelakaan lalu lintas sebesar Rp989.597.604 dan santunan (maksimal) Jasa Raharja yang harus dibayarkan kepada korban kecelakaan lalu lintas adalah sebesar Rp144.000.000 rata - rata per tahun. Alternatif penanggulangan guna menekan tingkat kecelakaan yang terjadi diantaranya yaitu dengan dilakukan penertiban dan penindakan pelanggar lalu lintas terutama bagi yang melawan arah, pemasangan pita penggaduh ( rumble strip) serta penambahan Pedestrian Crossing Traffic Light (PCTL). ===================================================================================================== The frontage road segment at the east side of Jalan Ahmad Yani located at the southern tip of Surabaya City is a busy highway that became the gateway exit from the city of Surabaya towards Sidoarjo. One of the factors that causes accidents is the speed factor of vehicles. Therefore, it’s necessary to analyze traffic accidents on the frontage road east side of Jalan Ahmad Yani Surabaya. In the process of conducting traffic accident analysis on the frontage road east side of Jalan Ahmad Yani Surabaya, the stages include vehicle survey (volume and velocity), traffic analysis using MKJI 1997, accident prone areas analysis using accident rate methods and epidemic equivalent number Pd -09- 2004-B, research costs using the method of gross output (human capital) in accordance to Pd T-02-2005-B, risk analysis with the level of accidents and reduce accidents. The result of the analysis shows that the characteristics of accidents in 2015 - 2017 were that 21 events with the most vi casualties, ie 74% of the minor injuries and the most victim were two-wheeled vehicle users, ie 71%. The accident rate that occurs on an average per year is 633 accidents / hundred million vehicle trips per kilometer. While the average annual fatality rate of 162 accidents / hundred million vehicle trips per kilometer. The location of the accident prone spots (black spots) that is located on STA 1 + 700 - 2 + 000 around the UINSA campus. The high rate of accidents is influenced by the passing vehicle speed factor which has a strong correlation with r values greater than 0.7. The cost of accidents on average per year is Rp1,503,886,129 with the cost of traffic accident victims amounting to Rp989,597,604 and the compensation (maximum) of Jasa Raharja which must be paid to the traffic accident victims is Rp144,000,000 per year. Alternative countermeasures to reduce the level of accidents occurring among others that is by controlling and enforcing traffic violators, especially for those who drive on the opposite direction, the installation of rumble strips and the addition of Pedestrian Crossing Traffic Light (PCTL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 363.125 Rah a-1 3100018077583
Uncontrolled Keywords: Daerah rawan kecelakaan, gross output, kecelakaan lalu lintas, tingkat kecelakaan, accident rate, black spot, gross output, traffic accident
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Miftahul Bahri Raharjo
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:10
Last Modified: 10 Nov 2020 03:41
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55706

Actions (login required)

View Item View Item