Analisis Dynamic Factor Dan Modifikasi Pada Chassis Kendaraan Multiguna Pedesaan Dengan Metode Elemen Hingga

Prasetyo, Fathu (2018) Analisis Dynamic Factor Dan Modifikasi Pada Chassis Kendaraan Multiguna Pedesaan Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02111440000030-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mobil multiguna pedesaan adalah suatu kendaraan yang mampu menjadi alat transportasi bagi masyarakat pedesaan guna meningkatkan produktivitas masyarakat pedesaan baik di daerah pesisir pantai maupun di daerah dataran tinggi. Mobil multiguna pedesaan sendiri menggunakan chassis dengan tipe ladder dan body tipe pick up. Dengan kondisi medan jalan di pedesaan yang beragam, kendaraan harus dirancang untuk lebih mampu menerima beban yang beragam pula. Salah satu faktor krusial dan penting yang mempengaruhi keamanan dan kenyamanan kendaraan terletak pada chassis. Untuk itu perlu adanya suatu pengujian terhadap kendaraan untuk mengoptimalkan kekuatan dan berat dari chassis. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi dengan menggunakan metode elemen hingga. Mekanisme pemodelan pengujian dinamis yang dilakukan yaitu mensimulasikan kendaraan untuk melewati profil jalan yang terdiri dari beberapa speed bump dengan beberapa konfigurasi,yaitu konfigurasi torsional dan normal. Pengujian dinamis ini dilakukan dengan mengasumsikan kecepatan kendaraan sebesar 10 km/jam, 20 km/jam dan 36 km/jam dan perpindahan yang diterima oleh ban langsung diterima oleh suspensi. Analisis tegangan yang terjadi dilakukan ketika terjadi pembebanan dinamis dari profil jalan dan pembebanan statis dari massa kendaraan dan penumpang. Hasil yang telah diperoleh adalah adanya beberapa modifikasi yang harus dilakukan terhadap beberapa komponen karena memiliki nilai dari safety factor yang kurang dari 1. Setelah dilakukan 2 kali modifikasi didapatkan nilai dari safety factor dari seluruh komponen yang melebihi 1. Kemudian dibandingkanlah nilai dari safety factor static dengan safety factor dynamic untuk mendapatkan nilai dari dynamic factor. Didapatkan bahwa dynamic factor paling besar didapatkan dari pengujian dynamic torsional dengan kecepatan 36 km/jam sebesar 3,907811. Diikuti oleh pengujian dynamic normal dengan kecepatan 36 km/jam sebesar 3,643184, pengujian dynamic torsional dengan kecepatan 20 km/jam sebesar 3,400345, pengujian dynamic torsional dengan kecepatan 10 km/jam sebesar 3,279848, pengujian dynamic normal dengan kecepatan 20 km/jam sebesar 3,223374, dari pengujian dynamic normal dengan kecepatan 10 km/jam sebesar 2,984777. ======================================================================================================= Rural multipurpose car is a vehicle which is able to be transportation for rural people in order to improve productivity of rural people at coastel area and plateau. It uses chassis which has ladder type and pick up body type. According to various of field in rural area, the vehicle must be designed to be able receive various load. One of crucial factor which can affect security and comfortable of vehicle is on chassis. Therefore, it needs to be researched to optimalize the power and load of chassis. The research method used is simulation using finite element method. Dynamic testing modeling mechanism that is done is to simulate the vehicle to pass the road profile consisting of several speed bump with some configuration, namely torsional and normal configuration. This dynamic testing is done by assuming a vehicle speed of 10 km / h, 20 km / h and 36 km / h and the transfer received by the tire is directly accepted by the suspension. The stress analysis occurs when there is a dynamic loading of the road profile and the static loading of the mass of the vehicle and passenger. The results have been obtained is the existence of several modifications that must be made to some components because it has a value of safety factor less than 1. After 2 modifications, the value of the safety factor of all components exceeded 1. Then compared the value of the static safety factor with dynamic safety factor to get the value of the dynamic factor. It was found that the biggest dynamic factor was obtained from dynamic torsional test with speed 36 km / h equal to 3,907811. Followed by normal dynamic testing with speed 36 km / h equal to 3,643184, dynamic torsional test with speed 20 km / h equal to 3,400345, dynamic torsional test with speed 10 km / h equal to 3,279848, normal dynamic test with speed 20 km / hr of 3.223374, from a normal dynamic test with a speed of 10 km / h of 2.984777.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.24 Pra a-1 3100018077140
Uncontrolled Keywords: chassis kendaraan multiguna pedesaan, dynamic factor, metode elemen hingga, pengujian dynamic, safety factor
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Computer-aided design.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL275.J6 Automobiles--Maintenance and repair.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fathu Prasetyo
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:28
Last Modified: 15 Dec 2020 08:28
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55770

Actions (login required)

View Item View Item