Feasibility Study Perancangan Sistem Perpipaan General Service System Pada Kapal Menggunakan Pipa Dengan Material HDPE (High Density Polyethylene)

Al Hariz, Paundra Yahya (2018) Feasibility Study Perancangan Sistem Perpipaan General Service System Pada Kapal Menggunakan Pipa Dengan Material HDPE (High Density Polyethylene). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04211645000010_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem perpipaan merupakan sebuah desain dimana seorang insinyur akan merancang bagaimana posisi dan tata letak pipa beserta komponennya untuk menunjang kinerja dari suatu sistem. Material yang digunakan dalam sistem perpipaan cukup bervariasi, salah satunya adalah HDPE. HDPE (high density polyethylene) merupakan polimer berdensitas tinggi dan termasuk dalam jajaran senyawa termoplastik dengan density sebesar 0.95 ton/m3. Dalam tugas akhir ini peneliti akan menggunakan studi kelayakan apakah pipa dengan material HDPE dapat diaplikasikan sebagai alternatif material sistem perpipaan pada kapal terutama pada sistem bilga dan sistem ballast. Kapal objek penelitian dengan Lpp : 83.13 m, B : 12.80 m, H : 5.54 m, T : 4.32 m, dan Cb : 0.78. Analisa ini dibagi dalam dua aspek utama yaitu aspek teknis dan aspek ekonomis. Analisa teknis terdiri atas perhitungan pipa utama sistem bilga dan ballast, headloss sistem bilga dan ballast, jenis aliran sistem bilga dan ballast, sambungan yang digunakan sistem bilga dan ballast, serta perhitungan tegangan pipa sistem bilga dan ballast. Sedangkan analisa ekonomis terdiri atas capex, opex, NPV, IRR, dan payback periods. Perhitungan pipa utama bilga didapatkan diameter 110 mm dan diameter pipa ballast 160 mm. Perhitungan headloss sistem bilga adalah 28.793 m dan sistem ballast 27.961 m. Jenis aliran keduanya adalah turbulent flow. Sambungan yang digunakan dalam sistem keduanya adalah dengan menggunakan metode sambungan butt joint. Tegangan pipa yang dihasilkan pada pipa bilga dengan jarak support 2.4 m adalah 992.270 psi serta pada pipa ballast dengan jarak support 2.4 m adalah 803.055 psi dan keduanya berada pada posisi kurang dari allowable stress material HDPE. Sedangkan untuk analisa ekonomis, nilai capex yang ditimbulkan sebesar Rp. 314.064.200,00- dan opex Rp. 10.000.000,00- sehingga nilai total sebesar Rp. 324.064.200,00-. Untuk biaya building cost kapal baru tanker diperlukan biaya sebesar Rp. 46.575.000.000,00- (sebelum ppn, pph, dan royalty) sehingga pembuatan projek ini diakumulasikan 6.958% dari nilai bobot untuk outfitting. Nilai untuk 3 kondisi muatan yaitu: kondisi 90% NPV sebesar Rp. 112.194.391.476 dengan IRR sebesar 30%, kondisi 80% NPV sebesar Rp. 73.904.218.970 dengan IRR sebesar 22%, dan kondisi 70% NPV sebesar Rp. 35.614.046.465 dengan IRR sebesar 16% terhadap bunga bank. Serta didapatkan nilai payback periods sebesar 3.0 Tahun. Setelah dilakukan semua perhitungan, dapat disimpulkan bahwa pipa dengan material HDPE dapat diterapkan pada kapal khususnya pada general service system. ======================================================================================================== Piping system is a design which an engineer will do how its position and layout of the pipe and its components to support the performance of a system. The material used in the piping system is a quite varied, one of them is HDPE. HDPE (high density polyethylene) is a high density polymer and classified in the thermoplastic compound about with density of 0.95 ton / m3. In this final project, use feasibility study whether the pipe with HDPE material can be applied as an alternative material of piping system on the ship especially on bilge and ballast system. The case studyis carried out by using ship with Lpp: 83.13 m, B: 12.80 m, H: 5.54 m, T: 4.32 m, and Cb: 0.78. This analysis is divided into two main aspects consist of technical aspects and economical aspects. Technical analysis consists of calculation of main pipe of bilge and ballast system, headloss of bilge and ballast system, flow type of bilge and ballast system, connection of bilge and ballast system, and calculation of pipe stress system of bilge and ballast pipe. While the economical analysis consists of capex, opex, NPV, IRR, and payback periods. Calculation of the main pipe bilge obtained 110 mm diameter and 160 mm ballast pipe diameter. Calculation of headloss system bilge is 28.793 m and ballast system 27.961 m. Both of them have a turbulent flow. The connection used in both systems using butt joint method. The pipe stress generated on the bilge pipe with a support distance of 2.4 m is 992,270 psi and the ballast pipe with a support distance of 2.4 m is 803,055 psi and both are in a position less than the allowable stress material of HDPE. As for economic analysis, the value of capex caused by Rp. 314.064.200,00- and opex Rp. 10.000.000,00 - so the total value of Rp. 324.064.200,00-. For the cost of building cost of new tanker ship required cost of Rp. 46.575.000.000,00 (before ppn, pph, and royalty) so that the project is accumulated 6.958% of the weight value for outfitting. Value for 3 conditions of cargoes ie: 90% NPV condition of Rp. 112.194.391.476 with IRR of 30%, condition of 80% NPV of Rp. 73,904,218,970 with IRR of 22%, and condition of 70% NPV of Rp. 35.614.046.465 with IRR of 16% against bank interest. And get the value of payback periods 3.0 years. After all calculation above are done, it can be conclude that HDPE pipe can be applied (visible) as material in ship especially on general service system.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.867 2 Alh f-1 3100018077933
Uncontrolled Keywords: Sistem Perpipaan, General Service System, HDPE, Pipa HDPE, Piping System, General Service System, HDPE, HDPE Pipe.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ930 Pipelines (General). Underwater pipelines.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM1 Ballast (Ships)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Paundra Yahya Al Hariz
Date Deposited: 31 Oct 2020 10:44
Last Modified: 31 Oct 2020 10:44
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55774

Actions (login required)

View Item View Item