Analisa Pengaruh Sudut Skew Terhadap Noise Pada Propeller Kapal Selam Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dinamic

Prihandanu, Riyan Bagus (2018) Analisa Pengaruh Sudut Skew Terhadap Noise Pada Propeller Kapal Selam Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dinamic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04211440000091_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan Australia. Indonesia Timur dengan laut yang sangat dalam merupakan lempeng Australia. Sedangkan Indonesia Barat menjadi satu lempeng dengan benua Asia yang memiliki laut yang dangkal. Konsep kapal selam mini menjadi sebuah pilihan yang tepat karena memiliki kemampuan bermanuver yang lincah, mampu menjangkau perairan dangkal, dapat menembakkan torpedo, efektif dalam penyebaran ranjau dan lebih susah terdeteksi radar sehingga baik dalam pengintaian. Perkembangan propeller atau baling-baling mengalami beberapa modifikasi bentuk dengan tujuan mendapatkan efisiensi yang paling baik sebagai bagian dari alat penggerak kapal, salah satu modifikasi itu yaitu skew angle dalam mengurangi nilai kavitasinya. Dengan melihat besar nilai akustik yang dihasilkan propeller maka kita dapat menilai kebisingan yang dihasilkan oleh sebuah propeller. Propeller yang berputar dapat menghasilkan kebisingan melalui tiga Noise generation mechanisme yang berbeda. Bending vibration dari bilah propeller ini tidak begitu penting karena tidak begitu mempengaruhi total kebisingan pada kenyataannya. Noise dari rotasi propeller yang dihasilkan oleh tekanan bidang yang mengelilingi setiap blade sebagai konsekuensi dari setiap pergerakannya. Noise generation mekanisme adalah kebisingan yang dihasilkan oleh vortex noise yang dihasilkan oleh vortisitas udara pada aliran lintasan baling yang terkumpul pada bilah propeler selama perputaran. Nilai kebisingan pada kecepatan 15 m/s yang diperoleh dari simulasi ,yaitu untuk skew 66˚ diperoleh nilai kebisingan tertinggi sebesar 140 dB 1μPa dan kebisingan terendah sebesar 90 dB 1μPa pada nilai skew 110˚ pada variasi skew, sedangkan untuk variasi pitch diperoleh nilai kebisingan 145 dB 1μPa pada P/D 1.166 untuk yang terbesar dan terkecil pada P/D 1.966 dengan nilai 120 dB 1μPa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sudut Skew, Pitch, Noise, Hydroacoutic, CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riyan Bagus Prihandanu
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:32
Last Modified: 28 Jun 2021 01:32
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/55789

Actions (login required)

View Item View Item