Pemodelan Sistem Gerak Pendulum Pada Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut - Sistem Bandul (SB)

Darmawan, Wisnu (2018) Pemodelan Sistem Gerak Pendulum Pada Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut - Sistem Bandul (SB). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311440000042_Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
02311440000042_Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Energi gelombang laut merupakan salah satu energi
terbarukan. Alat untuk mengkonversi energi gelombang laut
disebut Wave Energy Converter (WECs). Selain itu, terdapat
pula WECs yang dikembangkan di Indonesia yaitu
menggunakan sistem pendulum atau disebut sebagai
pembangkit listrik tenaga gelombang laut sistem bandul
(PLTGL-SB). Bentuk ponton yang diteliti adalah ponton yang
terdiri dari silinder besar ditengah dan terdapat dua buah jukung
disebelah kanan dan kiri. Pada penelitian kali ini dilakukan
suatu pemodelan matematis yang bertujuan untuk mengetahui
gerak ponton dan simpangan maksimal yang dihasilkan oleh
ponton dan pendulum tersebut. Eksperimen juga dilakukan
untuk memvalidasi hasil simulasi dimana didapatkan nilai
RMSE untuk heave dan roll masing-masing 1.152 dan 0.039.
Berdasarkan hasil simulasi didapatkan nilai simpangan
maksimum pendulum sebesar 56.37°. Nilai ini didapat saat
kombinasi variabel-variabel berikut ini besar amplitudo 3 cm,
periode gelombang sebesar 0.8 s, panjang lengan cadik sebesar
515 mm, dan massa pendulum sebesar 40 g, dengan daya yang
dihasilkan sebesar 0.026 Watt dari torsi pendulum.
======================================================================================================
Ocean wave energy is one of the renewable energy
forms. The tool to convert the sea wave energy is called the
Wave energy converter (WECs). Furthermore, there are types
of WECs developed in Indonesia which is using pendulum. This
type of WECs is called the pendulum system marine wave power
station. In this research, the writer studies the pontoon with
large cylinder in the center and two canoe on its left and right
side. The writer did a mathematical modeling to learn the
pontoon’s motion and its maximum amplitude created by the
pontoon. Experiment also conducted to validate the simulation
result with the RMSE value result for heave and roll are 1.152
and 0.039 respectivelly From the simulation, the result obtained
for the maximum pendulum amplitude is 56.37°. This value is
obtained when the following variable combination is wave
amplitude at 3 cm, wave periode is 0.8 s, the outrigger arm
length is 515 mm and the pendulum mass is 40 g. with 0.026
Watt power generated from the pendulum torsion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 627.32 Dar p-1 3100018077212
Uncontrolled Keywords: Ponton, Energi Terbarukan, Simpangan, Heave, Roll,
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wisnu Darmawan
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:01
Last Modified: 23 Oct 2020 00:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55914

Actions (login required)

View Item View Item