Penerapan Cold Chain Pada Distribusi Ikan Studi Kasus : Pulau Raas - Surabaya

Musthafa, Muhammad Reza Zulmi (2018) Penerapan Cold Chain Pada Distribusi Ikan Studi Kasus : Pulau Raas - Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04411340000041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai daerah kepulauan, Kecamatan Raas memiliki potensi perikanan yang besar. Tetapi berdasarkan data statistik dari DKP Sumenep, kurang lebih atau 21% dari produksi ikan tangkap di Raas pertahun tidak terjual, dan akhirnya menjadi ikan asin yang memiliki nilai lebih rendah dari ikan segar karena terputusnya rantai dingin distribusi ikan ke Surabaya. Salah satu strategi agar ikan-ikan yang tidak terjual bisa memiliki nilai yang tinggi, adalah dengan menjadikannya produk ikan beku, dengan cara menyimpannya pada fasilitas cold storage, Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan dari sisi keuntungan sebelum dan sesudah penerapan konsep cold chain dengan adanya cold storage, pengiriman dilakukan dengan perbandingan tiga moda, pick up, pickup reefer, dan kombinasi kapal ikan dengan pick up. Pembangunan direncanakan di Desa Brakas, Hasil dari penelitian ini, dengan skenario penjualan perminggu, kapasitas cold storage yang diperlukan sebesar 12,4 ton, daya listrik yang dibutuhkan sebesar 33,1 kW, Power plan yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan listriknya adalah PLTD, dengan biaya satuan Rp2,958,00 per kWh. Pengiriman ikan ke Surabaya paling murah menggunakan pick up biasa dengan kemasan box sterofoam. Penjualan ikan beku ke Surabaya dapat memberikan keuntungan rata-rata pada nelayan Raas sebesar Rp12.509.175.641,00 pertahun. Pembangunan cold storage di Pulau Raas dinilai layak, dengan nilai NPV sebesar Rp. 446,268,653,00, IRR sebesar 14.4 %, dan BEP pada tahun ke delapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pulau Raas, Cold Chain, Cold storage
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
H Social Sciences > HG Finance > HG4529 Investment analysis
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.)
V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. Reza Zulmi Musthafa
Date Deposited: 30 Jun 2021 07:05
Last Modified: 30 Jun 2021 07:05
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/56100

Actions (login required)

View Item View Item