Rancang Bangun Sistem Pengukuran Perubahan Posisi dengan Menggunakan Kamera Tunggal dan Laser

Nubli, Ikhsan Abi (2018) Rancang Bangun Sistem Pengukuran Perubahan Posisi dengan Menggunakan Kamera Tunggal dan Laser. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02111340000137-Undergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengukuran merupakan metode dalam menentukan nilai besaran dari suatu objek., image processing dapat digunakan untuk memperoleh data. Input yang berupa gambar atau video dapat diperoleh dengan menggunakan baik mono kamera maupun stereo kamera. Sudah ada penelitian untuk memanfaatkan metode image processing untuk mendapatkan koordinat, sehingga dari penelitian tersebut perlu adanya pengembangan lagi untuk pendeteksian jarak, kecepatan dan percepatan yang dideteksi dengan image processing. Langkah penelitian pengukuran posisi ini secara garis besar terdiri dari tiga langkah, yaitu persiapan, perancangan dan pembuatan program serta proses analisa data. Langkah persiapan terdiri dari studi pustaka, lalu proses identifikasi masalah serta perumusan masalah, Setelah itu, dilakukan Pengambilan data jarak piksel dilakukan dengan berbagai macam jarak tertentu sehingga diperoleh data yang nanti dianalisis dengan metode regresi linear,. Jarak yang terdeteksi oleh progam lalu dibagi dengan menggunakan fungsi waktu jalan program agar mendapatkan nilai kecepatan dan percepatan Adapun hasil yang diperoleh antara lain, hasil pengukuran posisi dengan menggunakan laser dan mono-kamera, dengan rata – rata error yang dihasilkan adalah sebesar 1.365%, hasil pengukuran kecepatan dengan menggunakan laser dan monokamera dengan rata – rata error yang dihasilkan adalah sebesar 5.481%. dan diperoleh cara hasil pengukuran percepatan dengan menggunakan laser dan mono-kamera dengan rata – rata error yang dihasilkan sebesar -0.0008%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran, Image Processing, Pythagoras, linear regresi, jarak piksel, kecepatan, percepatan, jarak, error
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA184 Algebra, Linear
Q Science > QA Mathematics > QA275 Theory of errors. Least squares. Including statistical inference
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ikhsan Abi Nubli
Date Deposited: 30 Jun 2021 07:19
Last Modified: 30 Jun 2021 07:19
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/56253

Actions (login required)

View Item View Item