Identifikasi Faktor Individu dan Lingkungan Kerja yang Berpengaruh dengan Kecelakaan Kerja pada Pekera Galangan di Indonesia

Septianto, Alif Bagas (2018) Identifikasi Faktor Individu dan Lingkungan Kerja yang Berpengaruh dengan Kecelakaan Kerja pada Pekera Galangan di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000106-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211440000106-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri galangan adalah industri yang memiliki peranan yang penting dalam industri perdagangan, kemajuan industri galangan dapat menyebabkan industri lain maju, hubungan linear seperti ini sudah terbukti pada negara seperti China, dan Korea Selatan. Pekerjaan di galangan membutuhkan sumberdaya manusia yang dapat bekerja dengan keras dan dengan peralatan kerja yang berbahaya, ada banyak proses di galangan yang dapat menyebabkan kecelakaan yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan pekerja. Kecelakaan kerja dapat menimbulkan banyak kerugian, antara lain pekerja yang mengalami luka-luka, bahkan sampai kematian, dan juga dapat menurunkan produktivitas kerja dari galangan. Maka dari itu diperlukan identifikasi faktor individu dan faktor lingkungan kerja yang berpengaruh dalam timbulnya kecelakaan kerja pada pekerja di galangan Indonesia dalam upaya melakukan pencegahan kecelakaan kerja terjadi dan menyebabkan kerugian yang banyak. Faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja galangan adalah pekerja merasa terganggu saat menggunakan harness saat bekerja di ketinggian, pengetahuan pekerja yang minim tentang listrik statis, pekerja tidak melakukan pengukuran terhadap indoor gas sebelum bekerja, pekerjaan sehari-hari pekerja yang melebihi delapan jam, dan tekanan kerja yang terus bertambah dan masalah sehari-hari yang tiba-tiba terpikirkan saat bekerja. Tindakan pencegahan yang dilakukan adalah memeriksa alat pengaman yang digunakan untuk bekerja di ketinggian, melakukan pemeriksaan kabel, sirkuit listrik, dan alat kerja secara rutin, melakukan pengukuran indoor gas secara teratur sebelum bekerja, membuat jadwal shift pekerja untuk menjadi delapan jam per hari dan menambah jumlah orang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mencari pegawai baru atau subcontractor, melakukan briefing sejenak sebelum bekerja untuk meningkatkan konsentrasi dan semangat kerja pekerja.
======================================================================================================
Shipyard industry is an industry that are having major role on trading industry, the development of shipyard industry leads another industry to triumph forward, this linear relationship has been proved in countries like China, and South Korea. Shipyard workers need people that are able to conduct job in hard environment with heavy hazardous equipment, there are many processes in shipyard that can cause accident that are affecting the workers health and safety. Occupational accident can cause many losses, such as the injuries on workers, death, and also reducing the productivity of the shipyard. Because of that, it is needed to conduct an identification of individual factors and workplace factors that are triggering occupational accident in Indonesia’s shipyard workers in order to prevent the occupational accident and cause great losses. Factors that are related to workplace accidents in shipyard workers are the feeling of workers that are disturbed when using safety harness while working at height, workers have less knowledge about static electricity, workers do not take measurements of indoor gas before work, daily work of workers exceeding eight hours, growing work pressures and daily life problems that suddenly come to mind when working. Precautions include checking safety equipment used to work at height, routinely checking cables, electrical circuits, and electrical equipment, regularly conducting indoor gas measurements before work, making the worker's shift schedule to eight hours per day and increasing the number of person to complete the job by finding a new employee or subcontractor, do short briefing before work to improve worker concentration and morale.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.86 Sep i-1 3100018077784
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Faktor individu, Faktor lingkungan kerja, Kecelakaan kerja, Galangan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alif Bagas Septianto
Date Deposited: 01 Dec 2020 09:06
Last Modified: 01 Dec 2020 09:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56387

Actions (login required)

View Item View Item