Analisa Putaran - U Beremdian Ganda Tanpa Lajur Antrian Pada Kondisi Tak Terlindung (Kasus Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya)

Indranata, Gadang Arya (2018) Analisa Putaran - U Beremdian Ganda Tanpa Lajur Antrian Pada Kondisi Tak Terlindung (Kasus Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111615000010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111615000010-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kondisi putaran U pada ruas Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya pada saat ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat jam puncak terutama jam puncak pagi, siang dan sore ada peluang akan terjadinya antrian kendaraan kerena tidak adanya fasilitas lajur antrian. Permasalahan, bagaimana kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian putaran U untuk ruas Jalan Dharmawangsa Kota Surabaya pada kondisi tidak terlindung pada saat ini (2018) hingga 5 tahun kedepan (2023)
Evaluasi putaran U ganda pada kondisi tak terlindung untuk kondisi saat ini hingga 5 tahun yang akan datang dengan teori antrian. Evaluasi diawali dari pengumpulan data jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, pengukuran data geometrik jalan, survei volume lalu lintas untuk mengevaluasi kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian putaran U yang dilaksanakan dengan metode MKJI 1997.

Berdasarkan hasil evaluasi, panjang antrian (Y) saat kondisi Hari Sabtu dan Minggu lebih kecil dibandingan pada kondisi pada Hari Selasa.Untuk arah utara ke selatan didapatkan Ymax 6,535 m dan untuk arah selatan ke utara didapatkan Ymax 9,176 m pada kondisi Hari Selasa 27 Maret 2018. Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan untuk arah utara ke selatan didapatkan Ymax 14,131 m dan untuk arah selatan ke utara didapatkan Ymax 23,718 m pada kondisi Hari Selasa 27 Maret 2018. Bukaan median selabar 10,2 m dikatakan mencukupi karena yang diperlukan hanya 10 m .
=======
The condition of U-Turn on Main Road Dharmawangsa Surabaya Citi at this time does not look problematic at usual hours, but during peak hour, especially peak hour of morning, noon, and afternoonthere is chance queue line facility. Problems How is the analysisof U-Turnfor Main Road Dharmawancgs Surabaya City in unprotected condition.
Evaluation of U- Turn under protected onditions of current conditions up to 5 yeears to come with queuing theory. Evalution begins with populations data collection and gowth un the number of vehiclesobtained from the Central Bureau od Statistic Surabaya,measurement of road geometric data,traffic volume surveys to evaluate U-Turn performance
Based of evaluated result the queue length (Y) at condition of the U-Turn at Saturday and Sunday condition is smaller than in Tuesday.The north towards south with Ymax 6,535 m and south towards north with Ymax 9,176 m for
condition on Tuesday, March 27,2018. As the result of the calculation of the next 5 years also obtained north towards south with Ymax 14,131 m and south towards north with Ymax 23,718 m for condition on workday in 2023. The 10,2 m wide median is said to be sufficient, as it take only 10 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: putaran U, kapasitas, panjang antrian, tingkat pelayanan, Ymax, bukaan median
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Gadang Arya Indranata
Date Deposited: 08 Jul 2021 08:55
Last Modified: 08 Jul 2021 08:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56447

Actions (login required)

View Item View Item