Pemilihan Satu Dari Tiga Alternatif Pengendalian Banjir Daerah Margorejo Indah Kota Surabaya

Rahmanto, Faza Dana (2018) Pemilihan Satu Dari Tiga Alternatif Pengendalian Banjir Daerah Margorejo Indah Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111615000027-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111615000027-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saluran Margorejo Indah Kota Surabaya mengalami genangan air ketika terjadi hujan dengan intensitas curah hujan tinggi. Genangan terjadi dalam jangka waktu kurang lebih 2 jam dengan kedalaman 10 cm s/d 30 cm. Genangan terjadi di permukiman penduduk sampai ke ruas-ruas jalan utama daerah tersebut.
Perhitungan debit rencana menggunakan metode rasional dengan debit Q5 untuk saluran sekunder, Q2 untuk saluran tersier. Untuk mencegah banjir yang terjadi di saluran sekunder Margorejo perlu adanya pengendalian banjir disaluran tersebut, seperti normalisasi saluran dan pembuatan tampungan sementara yang dilengkapi oleh pintu air dan pompa yang kemudian debit banjir tersebut akan di buang langsung ke saluran primer.
Dari hasil perhitungang menggunakan kapasitas saluran sekunder mengalami luapan banjir hampir di semua ruas Saluran. Pada bagian Hilir saluran Sekunder Jetis. Untuk mengatasinya di lakukan Pengendalian banjir dengan melakukan pengendalian banjir mengunakan 2 Pompa air dengan kapasitas 0,5m3/det dan dilengkapai Pompa Lumpur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Genangan, Debit Rencana, Aliran Balik, Kapasitas Tampungan, Pompa Air
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC812 Irrigation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: faza dana rahmanto
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:46
Last Modified: 30 Jun 2021 06:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56452

Actions (login required)

View Item View Item