Perancangan Model Predictive Control Pada Platform Offshore Essar Wildcat Tipe Aker H3

Aji Firdayani, Gama Nuur (2018) Perancangan Model Predictive Control Pada Platform Offshore Essar Wildcat Tipe Aker H3. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311440000083_undergraduated.pdf]
Preview
Text
02311440000083_undergraduated.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi dilakukan secara onshore dan offshore. Offshore merupakan kegiatan eksplorasi diperairan yang terdiri dari dua jenis platform yaitu terpancang dan terapung. Platform terpancang terletak pada perairan dangkal sedangkan platform terapung berada dilaut lepas. Salah satu jenis platform terapung adalah semi-submersible. Platform ini berdmensi : panjang 108,2 meter, lebar 67 meter, kedalaman 21,34 meter. Kestabilan semi-submersible dipengaruhi keadaan lingkungan laut misalnya gelombang laut. Gelombang laut yang tinggi mengakibatkan perubahan posisi dan kemiringan semi-submersible. Gangguan yang berlebihan akan mengganggu proses eksplorasi minyak dan gas. Penelitian ini, mendesain kestabilan semi-submersible dilakukan dengan menggunakan metode model prediksi kontrol – model preditive control (MPC). Metode ini dapat memprediksi keluaran untuk beberapa waktu kedepan, dengan beberapa parameter yaitu time sampling, horizon prediction, control prediction, pembobotan dan batasan-batasan: perpindahan posisi surge dan sway lebih kecil dari 10 meter, sedangkan perubahan sudut yaw lebih kecil dari 30o. Sistem tersebut dikatakan stabil setelah dilakukan beberapa tahap uji yakni uji keterkendalian, keteramatan, uji hasil openloop tanpa gangguan, closeloop dengan gangguan konstan, dan gangguan gaussian. Metode ini diterapkan pada platform terapung (semi-submersible) memberikan respon yang lebih baik. Semi-submersible dengan gangguan berupa gelombang dengan besaran konstan maka maksimal overshoot adalah 0,0106% untuk arah sway dan 0,011% untuk arah yaw. Sedangkan untuk semi-submersible dengan gangguan berdistribusi Gaussian diperoleh maksimal overshoot 0,0224% baik untuk arah sway maupun yaw. Jadi Model Predictive Control (MPC) mampu menurunkan nilai maksimal overshoot sehingga menghasilkan sistem yang stabil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 629.83 Fir p-1 2018
Uncontrolled Keywords: Gelombang Laut, Kestabilan, Model Predictive Control, Platform Offshore,Semi-submersible, Gangguan Gelombang Konstan, Gangguan Gelombang Gaussian.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gama Nuur
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:21
Last Modified: 28 Jun 2021 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56767

Actions (login required)

View Item View Item