Pemodelan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pada Tiap Kecamatan Kota Surabaya dengan Regresi Spasial

Cahyani, Rizky (2018) Pemodelan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pada Tiap Kecamatan Kota Surabaya dengan Regresi Spasial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211440000089-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
06211440000089-Undergraduated_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan kesejahteraan yang telah lama belum teratasi oleh pemerintah Indonesia adalah kemiskinan. Surabaya merupakan kota metropolitan dan termasuk kota industri yang masih memiliki banyak rumah tangga miskin. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan rumah tangga miskin di Kota Surabaya diduga adaanya pengaruh antarwilayah atau seringkali disebut pengaruh spasial. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesejah-teraan rumah tangga di Kota Surabaya pada tiap kecamatan menggunakan regresi spasial. Model Regresi Spasial merupakan pengembangan model regresi dimana setiap parameter dihitung pada setiap lokasi, sehingga setiap lokasi geografis mempunyai nilai parameter regresi yang berbeda-beda. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui model terbaik kesejahteraan masyarakat di Kota Surabaya beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada tiap kecamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesejahteraan rumah tangga di Kota Surabaya berpengaruh secara spasial. Pada regresi spasial ini digunakan pembobot queen contiguty. Model spasial yang dianggap mempengaruhi kesejahteraan pada penelitian ini digunakan metode SAR dengan nilai AIC terendah sebesar 174,219. Dengan menggunakan SAR, didapatkan model pada tiap kecamatan di Kota Surabaya.
============================================================================================
One of the long-term prosperity issues that has not been addressed by the Indonesian government is poverty. Surabaya is a metropolitan city and an industrial city that still has many poor households. Factors affecting household prosperity in Surabaya City are suspected of inter-region influences or often called spatial influences. Spatial Regression Model is the development of a regression model where each parameter is calculated at each location, so that each location has different regression parameter values. The purpose of this research is to know the best model of community prosperity in Surabaya and its influencing factors in each sub-district. The results showed that household welfare factors in Surabaya City had spatial influence. This spatial regression using weighted queen contiguty. Spatial model that is considered to affect prosperity in this study used SAR method with the lowest AIC value of 174,219. By using SAR, we get model in every sub-district in Surabaya City.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Kesejahteraan, Regresi Spasial, SAR
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizky Cahyani
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:34
Last Modified: 01 Jul 2021 06:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56787

Actions (login required)

View Item View Item