Container Arrangement Software Development as Tool to Obtain Optimum Trim in Respect to Fuel Consumption in Container Carrier

Kurniawan, Titus (2018) Container Arrangement Software Development as Tool to Obtain Optimum Trim in Respect to Fuel Consumption in Container Carrier. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211441000029_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211441000029_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini biaya bahan bakar pada kapal adalah faktor utama dalam biaya operasional kapal. Bahan bakar membutuhkan sekitar 60% dari total biaya operasional suatu kapal, tergantung pada jenis kapal dan kecepatan servis kapal itu sendiri. Hal ini mendorong perusahaan pelayaran untuk mengevaluasi dan mengimplementasikan langkah-langkah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. Opsi itu antara lain seperti anti fouling system, permesinan dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi, pengaplikasian bulbuous bow pada kapal dan lainnya yang diterapkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Optimasi trim adalah salah satu opsi yang bisa diterapkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, dimana optimasi trim adalah opsi yang murah, menawarkan penghematan energi dengan penerapan yang relative mudah, tanpa penambahan peralatan baru, ataupun perubahan dari desain kapal. Optimasi trim dapat menghemat bahan bakar dengan cara mengurangi tahanan kapal dalam kondisi tertentu. Dalam penelitian ini, fokus penelitian diterapkan pada Kapal Kontainer 100 TEUS milik Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk mendapatkan tahanan kapal pada kondisi trim yang berbeda, dengan kapasitas displasemen kapal yang sama. Pada penelitian ini, perangkat lunak MAXSURF digunakan untuk melakukan pemodelan pada kapal, menghitung tahanan yang dihadapi kapal dan menganalisa aspek stabilitas kapal. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi trim pada kondisi trim pada buritan menghasilkan tahanan yang lebih kecil dibandingkan kondisi lainnya, sehingga menghasilkan kebutuhan bahan bakar yang lebih kecil dengan kecepatan servis yang sama, serta kapasitas muat yang sama. Setelah mendapatkan hasil analisa dari perangkat lunak MAXSURF, data yang dikumpulkan dan dilakukan pembuatan perangkat lunak baru untuk melakukan penataletakan container yang memungkinkan kapal untuk mendapatkan tahanan terkecil menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Studio yang menggunakan Bahasa pemrograman C#. Dengan menggunakan software ciptaan baru ini, maka pemilik kapal dapat dengan mudah mengatur tata letak container dengan kondisi tahanan terkecil, sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.
Pada penelitian ini didapat bahwa dengan penerapan kondisi trim optimal, maka dapat mengurangi daya yang dibutuhkan kapal sampai dengan 6%.
=========================================================
Currently fuel is the largest operating cost in a ship. Fuel cost represent approximately 60% of total ship operating cost, depends on type of ship and the service speed. These force shipping companies to evaluate and implement fuel saving options. Such options as anti-fouling system, higher machinery efficiency, bulbous bow, etc. applied to reduce the fuel consumption. Trim optimization is a cheap option which promise energy saving with easy application, without equipment extension, nor design change. Trim optimization able to save fuel due to reduction of the resistance on related condition. In this research, study focused on a 100 TEUS ship owned by Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. At this research required to find out the resistance of ship in different trim condition, that having the same displacement. In this research MAXSURF software is used to model the ship, calculate the resistance and analyze the stability. The result showed that the variation of trim in trim by stern condition created less resistance, thereby required less fuel consumption in the same speed and displacement. Achieving the result from MAXSURF software, the data collected and created a new software to arrange the container to achieve the least resistance condition applicable in the ship using Microsoft Visual Studio software that used C# as language program. Thereby, by using the software created, it can easily use by the owner of the ship to achieve optimum trim condition and reduce the fuel consumption. In this research shown that in the optimum trim condition, it is able to reduce the power required up to 6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Container Arrangement, Fuel Consumption, Software Development, Trim Optimization
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kurniawan Titus
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:51
Last Modified: 01 Jul 2021 07:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56869

Actions (login required)

View Item View Item