Desain Interior Kampung Ilmu Surabaya sebagai Peningkatan Aktifitas dan Kenyamanan dengan Konsep Edukasi Interaktif

El Batuul, Shafyna (2018) Desain Interior Kampung Ilmu Surabaya sebagai Peningkatan Aktifitas dan Kenyamanan dengan Konsep Edukasi Interaktif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
08411440000010-Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Langkah pemerintah dengan membangun fasilitas literasi di kota Surabaya untuk menghidupkan kembali minat baca masyarakat belum cukup mampu menarik perhatian generasi muda untuk menggunakannya. Kampung Ilmu Surabaya sebagai fasilitas literasi yang dibuat oleh pemerintah yang berawal dari relokasi para penjual buku murah ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Seiring dengan perkembangan zaman, desain interior dapat meningkatkan nilai suatu bangunan pada pelaku bisnis seperti Kampung Ilmu Surabaya. Perencanan desain interior pada Kampung Ilmu ini berdasarkan observasi objek desain, studi banding dengan toko buku lain, wawancara pemilik toko buku, identifikasi selera desain pengguna toko buku, dan analisa kebutuhan masyarakat pada masa sekarang hingga masa depan. Berdasarkan metodologi tersebut, hasil yang diperoleh berupa konsep edukasi interaktif karena konsep tersebut dinilai mampu mengikuti minat dan tren yang sedang digemari oleh masyarakat saat ini. Pengolahan ruang dan bentuk yang lebih multi-fungsional seperti penambahan fasilitas baru yaitu area baca dan area interaktif yang mendukung kebutuhan pengunjung. Pengaplikasian bentuk dan warna yang menarik dipadukan dengan sirkulasi yang open-space agar pengguna lebih bereksplorasi tetapi tetap informatif. Dengan beberapa konsep diatas kemudian disusun sebuah konsep perencanaan yakni desain interior Kampung Ilmu Surabaya dengan konsep edukasi interaktif sehingga dengan adanya media interaktif sebagai perantara penyampaian ilmu pengetahuan tersebut dapat tersampaikan oleh masyarakat dengan baik dan dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan belajar pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat. ========================================================= The government's move by building literacy facilities in Surabaya city to revive the reading interest of the community has not been enough to attract the attention of the young generation to use it. Kampung Ilmu Surabaya as a literacy facility created by the government that originated from the relocation of these cheap booksellers is not yet many people who know of its existence. Along with the development of the times, interior design can increase the value of a building in a business such as Kampung Ilmu Surabaya. The design of interior design in Kampung Ilmu is based on observation of design object, comparative study with other bookstore, book shop owner's interview, identification of book shop user's design taste, and analysis of people's needs from present to future. Based on the methodology, the results obtained in the form of the concept of interactive education because the concept is considered able to follow the interests and trends that are in favor by today's society. The more multifunctional spaces and forms of processing such as the addition of new facilities are reading areas and interactive areas that support visitor needs. The application of attractive shapes and colors is combined with an open-space circulation to make users more exploratory but informative. With some concepts above then compiled a concept of planning that is interior design Kampung Ilmu Surabaya with the concept of interactive education so that with the interactive media as an intermediary delivery of science can be delivered by the community well and can serve as a center of learning activities information services, research and recreation for the whole society.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Edukasi Interaktif, Natural
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Shafyna -
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:46
Last Modified: 01 Jul 2021 06:46
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/56886

Actions (login required)

View Item View Item