Memodelkan Pengaruh dari Strategi Penetapan Harga Terhadap Pangsa Pasar, Pembagian Pendapatan, dan Pembagian Keuntungan pada Persaingan Bisnis (Studi Kasus Semen)

Fauzan, Muhammmad (2018) Memodelkan Pengaruh dari Strategi Penetapan Harga Terhadap Pangsa Pasar, Pembagian Pendapatan, dan Pembagian Keuntungan pada Persaingan Bisnis (Studi Kasus Semen). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000104-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440000104-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 02411440000104-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440000104-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini, persaingan menjadi nilai yang lebih penting dalam bisnis. setiap perusahaan harus lebih kompetitif untuk tetap bertahan. ada banyak faktor yang dapat diputuskan dalam kompetisi salah satunya adalah strategi penetapan harga. seberapa kompetitif perusahaan dapat ditentukan oleh pangsa pasar dan pendapatan dari masing-masing perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi penetapan harga dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dan dampaknya terhadap parameter kompetitif pada persaingan. pada dasarnya dalam strategi penetpan harga setiap perusahaan akan menetapkan harga yang lebih rendah untuk mendapatkan penjualan yang lebih. disisi lain menawarkan harga yang lebih rendah juga mengurangi laba yang di dapatkan disetiap produknya. kompetisi yang ekstrim dapat menjadi masalah besar bagi bisnis. premisnya adalah apa yang harus dilakukan untuk menanggapi perubahan harga dari pesaing? untuk mempelajari perilaku ini dalam beberapa tahun belakangan terdapat dua metode terbaik untuk memecahkan masalah, yaitu dengan menggunakan prinsip teori permaikan dan regresi (data mining). hasilnya menunjukan bahwa pangsa pasar lebih sensitif terhadap perubahan harga dari pada jumlah pendapatan.dan keputusan terbaik adalah mengoptimalkan pengaturan harga dimana keuntungan maksimal dapat didapatkan dari kombinasi terbaik antara harga dan pola penjualan. begitupun dalam pengujian skenario, skenario terbaik dalah skenario dengan kombinasi terbaik.
===============================================================================================
Nowadays, competition become more important value in business. Every company needs to be more competitive to stay in business. There are many factor that can be decided in term of competition. One factor that affect competitiveness is pricing strategy and it affects to competitive value. Competitive value in market can be determined by market share and revenue from each company.
This research aims to understand how pricing strategy can affect company value and give competitive advantages to company and their impact to competitive parameter. But naturally in pricing strategy each company will offer lower price to get more customer but in the other hand cheaper product means lower profit margin. Extreme pricing competition can be disastrous for business because buyer is sensitive through pricing.
The premise is what should we do to response competitor price change? To study this behavior throughout the year study has been led to two best methods to solve the problem, by using game theory and regression (data mining).
The result shows that market share is more sensitive toward price change rather than revenue shares. It Turns out the best decision is to optimize revenue and profits by optimizing price setting. The optimum value in profits and revenue will be gained by optimum price setting and sales volume. This result also affect all scenarios. The best scenario in the scenario testing is scenario with the best combination of their price setting regardless what the scenario is.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Theory, Market Share, Pricing Behavior, Pricing Strategy, Revenue
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Fauzan
Date Deposited: 18 Jul 2021 22:26
Last Modified: 18 Jul 2021 22:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56916

Actions (login required)

View Item View Item