Perencanaan Jalan Tol Pemalang-Batang Ditinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial

Ramadhana, Gufra (2018) Perencanaan Jalan Tol Pemalang-Batang Ditinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3114100010-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perencanaan pembangunan jalan tol Pemalang – Batang memerlukan pertimbangan ekonomi dan finansial. Pertimbangan ekonomi dibutuhkan untuk mengetahui manfaat dari adanya jalan tol Pemalang-Batang terhadap masyarakat sekitar, sedangkan pertimbangan finansial dibutuhkan sebagai acuan dalam investasi agar jalan tol ini merupakan perencanaan yang efisien. Oleh karena itu perlu dilaksanakan Perencanaan Jalan Tol Pemalang-Batang dtinjau dari Kelayakan Ekonomi dan Finansial agar mengetahui apakah jalan tol ini layak untuk dibangun.
Metodologi yang dipakai untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan niai waktu (time value) adalah metode Jasa Marga. Untuk menganalisis kelayakan ekonomi menggunakan parameter BCR dan NPV sebagai acuan kelayakan. Sedangkan untuk menganalisis kelayakan finansal keuntungan didapatkan dari pendapatan jalan tol menggunakan tarif yang telah direncanakan dan menggunakan parameter BCR, NPV, dan IRR sebagai acuan kelayakan.
Dari hasil analisis didapatkan untuk kelayakan ekonomi BCR sebesar 1,04 > 1 dan nilai NPV sebesar Rp. 286.569.499.132,39 > 0. Untuk kelayakan finansial didapatkan nilai BCR sebesar 4,05 > 1, nilai NPV sebesar Rp. 20.062.246.672.086 dan nilai IRR sebesar 14,831% > 4,49% (MARR). Serta waktu Payback Period selama 14 tahun 1 bulan 19 hari. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan pembangunan jalan tol Pemalang Batang layak dari segi ekonomi dan finansial.
=============================================================Pemalang - Batang toll road needs economic and financial feasibility as its consideration. Economic feasibility is needed to determine the benefits of the Pemalang-Batang toll road to its surrounding, while financial feasibility is needed as a reference for investor to make it more efficient in investing for Pemalang-Batang toll roads. Therefore it is necessary to carry out Planning of Pemalang-Batang Toll Road based on Economic and Financial Feasibility to know whether the toll road is feasible to build.
To analyze Vehicle Operational Cost (BOK) and time value the author used Jasa Marga Method. To analyze the economic feasibility is using BCR and NPV parameters as the feasibility reference. Meanwhile, to analyze the financial feasibility is using parameters BCR, NPV, and IRR as a reference and profit itself obtained from toll road revenues using the planned tariffs.
From the analysis obtained for the economic feasibility got the value of BCR is 1.04> 1 and the value of NPV is Rp. 286.569.499.132,39> 0. For the financial feasibility got the value of BCR is 4.05> 1, the value of NPV is Rp. 20.062.246.672.086 and IRR value is 14.831%> 4.49% (MARR). As well as Payback Period time for 14 years 1 month 19 days. Based on these results, it can be concluded that the development of Pemalang Batang toll road is feasible in terms of economic and financial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Planning of Toll Road Pemalang-Batang, Economic and Financial Feasibility
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Gufra Ramadhana
Date Deposited: 08 Jul 2021 09:29
Last Modified: 08 Jul 2021 09:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56923

Actions (login required)

View Item View Item