Pemodelan dan Simulasi Antilock Braking System pada Kendaraan GEA Pick Up

Florentina, Tifanny (2018) Pemodelan dan Simulasi Antilock Braking System pada Kendaraan GEA Pick Up. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000036-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02111340000036-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat merancang sebuah kendaraan, banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik, misalnya faktor keamanan. Salah satu bagian penting dari faktor keamanan pada sebuah kendaraan adalah sistem pengereman. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat pemodelan dan melakukan simulasi Antilock Braking System (ABS) serta mengetahui respons performa ABS pada kendaraan GEA Pick up untuk tiga variasi kecepatan. Tugas akhir ini diawali dengan studi literatur mengenai ABS pada kendaraan melalui buku, jurnal, dan penelitian-penelitian sebelumnya sembari mengumpulkan data terkait. Langkah selanjutnya adalah analisis gaya-gaya selama pengereman pada kendaraan dalam bentuk free body diagram. Pada langkah ketiga, gaya-gaya yang sudah dianalisis akan disusun ke dalam bentuk model matematis. Kemudian, model matematis tersebut dibentuk ke dalam block diagram pada Simulink. Langkah berikutnya merupakan pelaksanaan simulasi pemodelan ABS dengan tiga variasi kecepatan. Simulasi pertama dilakukan untuk kecepatan 30 km/jam, lalu dilanjutkan untuk variasi 60 km/jam dan 90 km/jam. Hasil simulasi yang diperoleh berupa respons relative slip, jarak pengereman, kecepatan angular roda-kendaraan, dan perlambatan. Langkah terakhir adalah analisis dan pembahasan data hasil simulasi serta menuliskan kesimpulan dan saran berdasarkan pembahasan. Jarak pengereman hasil simulasi ABS untuk setiap kecepatan adalah 3,525 m, 13,95 m, dan 30,81 m, dengan waktu tempuh berturut-turut selama 0,746 s, 1,582 s, dan 2,389 s. Respons slip yang diperoleh berada di kisaran 20%. Kecepatan angular dan perlambatan kendaraan mengalami fluktuasi yang merupakan salah satu karakter utama dari antilock braking system.
=============================================================================================
While design a vehicle, there are lots of factor to be considered, such as safety factor. One of the important part in safety factor is braking system. The purpose of this final project is modelling and simulation of Antilock Braking System (ABS) and also determine ABS performance response on GEA pick up car in three velocity variations. This final project is started with literature study from books, journals, and previous researches while collects related data. The next step is to analyze forces during vehicle braking process using free body diagram. Third step, the analyzed forces will be compiled into mathematical model. Then, that mathematical model is formed into block diagram on Simulink. The next step is simulation of ABS model with three velocity variations. First simulation is on velocity of 30 km/hour, then followed by 60 km/hour and 90 km/hour. The simulation results are slip relative response, braking distance, vehicle-wheel angular velocity, and deceleration. Final step is analysis and simulation data assessment and also notes the conclusions and suggestions. Braking distance from ABS simulation results for each velocity are 3,525 m, 13,95 m, and 30,81 m in order, with travel time of 0,746 s, 1,582 s, 2,389 s in order. The result slip response is around 20%. Angular velocity and deceleration of the vehicle fluctuate which is one of the main character of Antilock Braking System.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antilock Braking System, jarak pengereman, Simulink MATLAB
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tifanny Florentina
Date Deposited: 18 Jul 2021 21:06
Last Modified: 18 Jul 2021 21:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57077

Actions (login required)

View Item View Item