Penerapan Time Cost Trade Off Dalam Optimalisasi Biaya Dan Waktu Dengan Penambahan Waktu Kerja (Studi Kasus Proyek Tol Gempol – Pasuruan Seksi Ii Ruas Rembang – Pasuruan Sta 14 + 400 – Sta 17 + 400)

Raja, Intan Mutiara and Kusuma, Rizkia Angelina (2018) Penerapan Time Cost Trade Off Dalam Optimalisasi Biaya Dan Waktu Dengan Penambahan Waktu Kerja (Studi Kasus Proyek Tol Gempol – Pasuruan Seksi Ii Ruas Rembang – Pasuruan Sta 14 + 400 – Sta 17 + 400). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
10111500000023_10111500000131-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan Jalan Tol Gempol - Pasuruan Seksi II Ruas Rembang – Pasuruan STA 14 + 400 – STA 17 + 400 rencananya akan selesai dalam waktu 118 hari dengan biaya Rp 45.413.657.981,08. Namun pada kenyataan di lapangan, pekerjaan proyek tidak dapat terlaksana sesuai rencana. Pembangunan jalan tol mengalami keterlambatan akibat adanya masalah terkait pembebasan lahan. Karena adanya masalah tersebut maka waktu pekerjaan pada tahap selanjutnya mengalami keterlambatan sehingga durasi penyelesaian proyek berjalan lebih lama. Karena terjadi keterlambatan, dilakukan percepatan dengan optimalisasi waktu dan biaya proyek dengan menggunakan metode Time Cost Trade Off (TCTO). Optimalisasi waktu dan biaya dengan Analisa TCTO dilakukan dengan alternatif cara menambahkan waktu kerja proyek (jam lembur) untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan proyek dengan asumsi sumber daya manusia di proyek tidak dibatasi. Jaringan kerja disusun berdasarkan logika ketergantungan yang telah dibuat sebelumnya sehingga tersusun menjadi jalur awal proyek hingga penyelesaian proyek. Pada penelitian kali ini digunakan metode jaringan kerja yakni PDM. Metode PDM dengan percepatan menggunakan analisa Time Cost Trade Off ditemukan waktu dan biaya optimum penyelesaian proyek selama 112 hari dengan biaya Rp 45.417.582.552,22. =================================================================================================Gempol - Pasuruan Toll Road Development Project Section II Ruas Rembang - Pasuruan STA 14 + 400 - STA 17 +400 is planned to be completed within 118 days at a cost of Rp 45,413,657,981.08. But in reality on the ground, project work can not be done as planned. The construction of toll roads is delayed due to problems related to land acquisition. Due to the problem, the work time in the next stage is delayed so that the project completion duration runs longer. Due to delays, acceleration is made by optimizing the time and cost of the project using Time Cost Trade Off (TCTO) method. Time and cost optimization with TCTO analysis is done by alternatively adding project time (overtime) to accelerate the completion of project work with the assumption that human resources in the project are not restricted. The network is structured based on the logic of dependency that has been made before it is composed into the starting point of the project until the completion of the project. In this study used the network method of work that is PDM. PDM method with acceleration using Time Cost Trade Off analysis found time and optimum cost of completion of project for 112 days with cost Rp 45.417.582.552,22.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: percepatan proyek, time cost trade off, penambahan jam kerja lembur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Intan Mutiara Raja
Date Deposited: 18 Jul 2021 23:27
Last Modified: 18 Jul 2021 23:27
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/57131

Actions (login required)

View Item View Item