Redesain Taman Sriwedari Dengan Pendekatan Arsitektur Metabolisme

Al Mujaddidi, Muhammad Irfan (2018) Redesain Taman Sriwedari Dengan Pendekatan Arsitektur Metabolisme. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111440000041-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111440000041-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Taman Sriwedari merupakan taman publik di Surakarta yang pernah menjadi primadona di Kota Surakarta, namun saat ini tengah mengalami kemunduran dan semakin di tinggalkan oleh masyarakat Surakarta, padahal di dalamnya banyak nilai warisan budaya, juga memori kolektif dari masyarakat Kota Surakarta pada masa lalu. Hal ini di diakibatkan karena ketidakmampuan Taman Sriwedari menghadapi perkembangan waktu.
Redesain Taman Sriwedari perlu dilakukan dengan tujuan mempertahankan nilai nilai dan warisan budaya yang ada serta menjaga agar taman ini mampu menghadapi perkembangan zaman.
Pendekatan Arsitektur Metabolisme digunakan karena memiliki tujuan yang cocok dengan tujuan dari desain ini, yaitu dengan mengadaptasi percampuran antara nilai tradisional jepang dan modern yang digunakan pada Arsitektur Metabolisme. Metode ini disesuaikan dengan konteks Taman Sriwedari. Sehingga pada desain ini gagasan yang digunakan adalah menggabungkan nilai yang sudah ada di Taman Sriwedari, dengan nilai baru yang nantinya akan mendukung Taman Sriwedari sehingga bisa bertahan dan mampu menghadapi perkembangan waktu.
=========================================================
Sriwedari Park is a public space in Surakarta that once was a popular public space in Solo, but now suffering setback and began abandoned, whereas there is a lot of cultural heritage and also collective memory of Solo people from past. This is due to inability of Sriwedari Park to face the times.
The redesign of Sriwedari Park need to do, with the aim to retain the values and cultural heritage and make this park able to face the times.
Metabolism Architecture approach is used due to the same of the purpose of the movement and the aim of this design. Using method adapted from a mixture of traditional japanese and modern values used in Metabolism Architecture, which in this design the mixing is adjusted to Sriwedari Park context. So in this design the idea used is to combine the existing values in Taman Sriwedari, with new values that will support Taman Sriwedari so that it can survive and be able to face the development of time.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Metabolisme, Modern, Taman Sriwedari, Tradisional
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Irfan Al Mujaddidi
Date Deposited: 06 Jul 2021 10:28
Last Modified: 06 Jul 2021 10:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57169

Actions (login required)

View Item View Item