Karakterisasi Tanah Berdasarkan Nilai Poisson Ratio Bawah Permukaan Surabaya Menggunakan Metode Seismik Refraksi dan Multichannel Analysis Of Surface Wave (MASW)

Zulfikar, Mochammad Novritsa (2018) Karakterisasi Tanah Berdasarkan Nilai Poisson Ratio Bawah Permukaan Surabaya Menggunakan Metode Seismik Refraksi dan Multichannel Analysis Of Surface Wave (MASW). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
03411440000051-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Poisson ratio dalam studi sifat mekanik batuan memiliki peranan yang cukup penting. Dalam pengaplikasiannya, poisson ratio sering digunakan dalam berbagai bidang kebumian sebagai kontrol deformabilitas batuan. Banyak pendekatan yang digunakan dalam menentukan poisson ratio batuan. Salahsatunya yaitu dengan pendekatan Vp dan Vs. Pada penelitian ini akan digunakan pendekatan tersebut untuk mendapatkan poisson ratio. Dengan memanfaatkan hasil akuisisi data seismik, dilanjutkan dengan pengolahan metode seismik refraksi dan MASW, maka nilai Vp dan Vs batuan dapat ditentukan. Lokasi akuisisi berada pada 24 titik yang tersebear di seluruh Surabaya. Titik-titik tersebut merupakan titik yang merepresentasikan keadaan formasi di permukaan Surabaya. Pada permukaan Surabaya terdapat 4 formasi batuan, yaitu Formasi Kabuh, Formasi Lidah, Formasi Pucangan, dan Formasi Alluvium. Karakterisasi tanah pada formasi batuan di Surabaya akan digambarkan dengan penampang 2-D tiap formasi disertai dengan dua penampang yang melewati seluruh formasi di Surabaya. Setelah dilakukan pengolahan dan interpretasi, diketahui bahwa hingga kedalaman 30 m, diketahui bahwa seluruh formasi di Surabaya telah mengalami pelapukan, sehingga hanya ditemukan jenis tanah unconsolidated sediments. Adanya fluida dalam tanah sangat mempengaruhi ambiguitas dalam menentukan jenis tanah berdasarkan nilai poisson ratio. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan digunakan sebagai dasar penelitian-penelitian selanjutnya sebagai bentuk upaya pembangunan Surabaya kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakterisasi Tanah, MASW, Poisson Ratio, Seismik Refraksi, Surabaya
Subjects: Q Science > QE Geology > QE538.5 Seismic waves. Elastic waves
Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport. Erosion.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mochammad Novritsa Zulfikar
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:17
Last Modified: 09 Jul 2021 09:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/57236

Actions (login required)

View Item View Item