Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Keseimbangan Kehidupan-Kerja Terhadap Kinerja Wanita Karir

Puspitasari, Yohana Dian (2018) Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Keseimbangan Kehidupan-Kerja Terhadap Kinerja Wanita Karir. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111440000028_UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
09111440000028_UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wanita karir merupakan tenaga kerja yang sangat potensial dalam berbagai institusi, Pemerintah (PNS, BUMN/BUMD), dan perusahaan Swasta. Semakin banyaknya wanita menjadi wanita karir, maka sudah tentu akan menghadapkan wanita ke dalam peran ganda, utamanya bagi yang sudah menikah. Wanita karir yang sudah menikah akan berhadapan dengan konflik dalam menjalani peran ganda, baik yang disebabkan oleh masalah pekerjaan yang memengaruhi keluarga (work-family conflict) dan masalah keluarga yang memengaruhi pekerjaan (family-work conflict). Keseimbangan kehidupan-kerja (work-life balance) menjadi penting bagi wanita karir untuk meminimalisir terjadinya konflik agar tidak berdampak pada kinerja wanita karir tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda dan keseimbangan kehidupan-kerja terhadap kinerja wanita karir dan membandingkan konflik peran ganda antar sektor Pemerintahan, BUMN/BUMD dan Swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan desain multiple cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling kepada wanita yang sudah menikah dan bekerja di sektor Pemerintahan, BUMN/BUMD dan Swasta secara online kepada 495 wanita karir. Penyebaran Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel family-work conflict dan work-life balance berpengaruh positif terhadap kinerja. Pengaruh tersebut menunjukkan bahwa wanita karir akan tetap memiliki kinerja yang baik ketika mereka memiliki work-life balance dalam dirinya dan mampu menghadapi family-work conflict. Selain itu, didapati hasil bahwa kepuasan kerja memiliki hubungan yang sangat kuat pada work-family conflict dan kinerja, maksudnya kepuasan kerja dapat meredam work-family conflict yang pada akhirnya membuat wanita karir tetap memiliki kinerja yang baik.
===============================================================================================
Career women is a potential human resource at many Institutions, Goverment, State-Owned Enterprise and Private Enterprise. The more women becoming career women, the more women facing roles conflict, mostly for the married one. The married-career women facing roles conflict, whether caused by work-family conflict or family-work conflict. Work-life balance become important for career women to minimalize roles conflict’s effect towards work-performance. Thus, this research aims to identify the effect of roles conflict and work-life balance towards work-performance and compare the roles conflict among career women at sector Goverment, State-Owned Enterprise and Private Company. This research used descriptive with multiple cross-sectional design. Sampling done by convenience technique to married-career women at sector Goverment, State-Owned Enterprise, and Private Company by online to 495 career women. Data dissemination is analyzed by SPSS program and Moderated Regression Analysis (MRA). The result of this research shows that there is a positive impact of family-work conflict and work-life balance towards performance. That impact shows that career women will get a good performance when they got work-life balance inside themselves and could face family-work conflict. Moreover, there is a found that job satisfaction have a very strong correlation towards work-family conflict and performance, that means job satisfaction could keep a lid on work-family conflict so in the end career women still got a good performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wanita karir, konflik peran ganda, keseimbangan kehidupan-kerja, dan kinerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yohana Dian Puspitasari
Date Deposited: 16 Jul 2021 00:22
Last Modified: 16 Jul 2021 00:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57308

Actions (login required)

View Item View Item