Studi Eksperimen Laju Keausan Pada Bull Ring Plate (Proses Non Tempering Dan Tempering) Dengan Batubara Pada Pullverizer Pt.Ytl Jawa Power

Sekarrini, Raka Nurtiara (2018) Studi Eksperimen Laju Keausan Pada Bull Ring Plate (Proses Non Tempering Dan Tempering) Dengan Batubara Pada Pullverizer Pt.Ytl Jawa Power. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02111645000018-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Plate yang berada didalam pulverizer terdapat komponen bull ring yang disusun secara melingkar. Dalam periode pengoperasian pullverizer 3500 jam atau berdasarkan grafik peforma pullverizer sendiri akan dilaksanakan preventive maintenace guna untuk melakukan pengecekan komponen. Biasanya pada saat perawatan sering dilakukan pergantian bull ring karena peforma dari pullverizer sendiri sudah tidak sesuai standard dan bull ring telah mencapai batas aus maksimal. Batas toleransi maksimal tersebut dikarenakan adanya gaya lawan (opposing force) yang terjadi antara bull ring dengan batubara. Pengujian laju keausan ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui umur suatu komponen, dengan cara pengujian menggunakan alat bernama tribometer type pin on disk, dimana bull ring dipotong menjadi bentuk seperti disk dan batubara dibentuk seperti pin. Keduanya diuji dengan cara digesekkan terus menerus hingga terjadi pengurangan berat dari disk yang diuji. Disk dilakukan perlakuan dengan cara tempering dan non tempering untuk mengetahui perbedaan laju keausan dan umur dari spesimen uji. Dimana proses tempering ini dilakukan dengan memanaskan kembali pada temperatur kritis dan ditahan sampai 30 menit, kemudian di fast cool menggunakan oil. Setelah dilakukan pendinginan spesimen uji dipanaskan kembali sampai temperatur 300oC dan kemudian ditahan sampai 2 jam untuk selanjutnya didinginkan menggunakan suhu ruangan. Nilai laju keausan menunjukkan trend yang cenderung menurun apabila perubahan berat spesimen saat dan setelah pengujian semakin kecil. Pada uji keausan material bullring non tempering ini memiliki volume keausan yang tidak terlalu signifikan perbedaannya, hal ini ditunjukkan dari laju keausan yang menurun tajam sebesar 1,5963x10-8 mm3/Nm pada pengujian jam ke-7 ke jam ke-14 dan untuk pengujian jam ke-14 ke jam ke-21 yaitu sebesar 1,79589x10-8 mm3/Nm. Sedangkan pada nilai specific wear rate tempering menunjukkan trend yang cenderung menurun dengan semakin bertambahnya perubahan volume berat pada bullring tempering. Pada uji keausan material bullring tempering ini memiliki volume keausan yang tidak terlalu signifikan perbedaannya dimana laju keausan menurun tajam sebesar 1,99543x10-9 mm3/Nm pada pengujian jam ke-7 ke jam ke-14 dan laju keausan menurun dengan laju yang relative konstan dengan penurunan yang cukup besar untuk pengujian jam ke-14 ke jam ke-21 yaitu sebesar 5,98630x10-9 mm3/Nm. Berdasakan hasil perhitungan umur hidup (life time) dengan kecepatan (Speed Control) 100 Rpm, umur dari material Bullring Non Tempering adalah tahun, sedangkan umur dari material Bullring Tempering adalah 1,8060 tahun. Kesimpulannya yaitu melakukan pengujian keausan pada kondisi non tempering umur hidupnya lebih pendek daripada proses tempering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laju Keausan, Bull Ring, Batubara, Pin On Disk, Tempering
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raka Nurtiara Sekarrini
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:59
Last Modified: 09 Jul 2021 09:59
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/57447

Actions (login required)

View Item View Item