Analisa Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas pada Jalan Diponegoro Surabaya

Huda, Muhammad Kurniawan (2018) Analisa Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas pada Jalan Diponegoro Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of repositori fix.pdf]
Preview
Text
repositori fix.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan Raya Diponegoro merupakan salah satu akses yang menghubungkan antara Surabaya Selatan dan Surabaya Barat. Menurut data dari Kepolisian Republik Indonesia Daerah Jawa Timur dari tahun 2013 hingga tahun 2017 setidaknya terjadi 158 kecelakaan. Kondisi jalan yang cukup lebar membuat pengguna jalan memacu kendaraanya melebihi batas yang diizinkan. Hal ini menjadi salah satu penyebab jalan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Untuk megetahui korelasi antara kecepatan dengan tingkat kecelakaan yang terjadi, maka perlu dilakukan analisa kecelakaan lalu lintas Jalan Diponegoro Surabaya.
Dalam melakukan analisa kecelakaan lalu lintas Jalan Diponegoro Surabaya, maka tahapan yang dilakukan meliputi survey kendaraan (volume dan kecepatan), analisa lalu lintas menggunakan MKJI 1997, analisa daerah rawan kecelakaan menggunakan metode tingkat kecelakaan dan angka ekuivalen kecelakaan sesuai Pd T -09-2004-B, analisa biaya kecelakaan menggunakan metode the gross output (human capital) sesuai Pd T-02-2005-B, analisa korelasi antara faktor kecepatan dengan tingkat kecelakaan dan mencari solusi untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan.
Dari hasil penelitian lokasi titik rawan kecelakaan (black spot) untuk sisi barat jalan diponegoro berada di STA 1+800 hingga STA 1+900, untuk sisi timur jalan Diponegoro Surabaya black spot area berada di STA 1+800 hingga 1+900 , sedangka untuk black spot di persimpangan berada di simpang 4 jalan Diponegoro – jalan Dr. Soetomo. Tingginya angka kecelakaan ini dipengaruhi oleh faktor kecepatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan korelasi antara faktor kecepatan dan tingkat kecelakaan yang hasil interprestasi kuat. Selain itu dari perhitungan biaya korban kecelakaan lalu lintas di jalan Diponegoro Surabaya selama 5 tahun terakhir didapat kerugian materi Rp 8.830.871.440,-. Alternatif penanggulangan guna menekan tingkat kecelakaan yang terjadi yakni memasang lampu penerangan jalan yang memadahi terutama di simpang Jalan Diponegoro – jalan Dr. Soetomo, memasang rumble strip tambahan, serta melakukan penegakan hukum bagi pengendara yang melanggar batas kecepatan maksimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 363.125 Hud a-1 3100018076674
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, tingkat kecelakaan, gross output
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Muhammad Kurniawan Huda
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:45
Last Modified: 23 Dec 2020 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57461

Actions (login required)

View Item View Item