Perencanaan dan Pembuatan Mesin Penukar Uang Koin ke Uang Kertas

., Nofrialdi (2018) Perencanaan dan Pembuatan Mesin Penukar Uang Koin ke Uang Kertas. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311500000029-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10311500000029-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Uang koin merupakan alat tukar dengan nominal kecil yang secara resmi digunakan di indonesia. Pada saat ini masyarakat hanya dapat menukarkan uang koin yang dimiliki ke seluruh bank yang ada di indonesia. Pada tugas akhir ini membuat mesin penukar uang koin ke uang kertas. Alat ini dibuat semudah mungkin agar dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Alat ini menggunakan dua buah sensor untuk mendeteksi uang koin yang masuk ke dalam mesin dan menggunakan mikrokontroller Atmega32 sebagai kontrollernya.
Setiap uang koin memiliki diameter dan berat yang berbeda beda. uang koin akan ditentukan nominalnya berdasarkan ukuran diameter uang koin tersebut. Pada setiap lubang uang koin, terdapat sensor photodioda yang akan menghitung jumlah dan nominal uang koin yang masuk. Semua uang koin yang masuk akan dihitung beratnya menggunakan sensor loadcell untuk memvalidasi keaslian uang koin. Jika berat dan nominal uang koin sesuai maka uang koin akan masuk kedalam penyimpanan dan pengguna bisa memilih nominal uang kertas uang akan dikeluarkan, sedangkan jika berat dan nominal tidak sesuai maka uang koin akan keluar kembali.
Alat ini dapat membaca dan menukarkan uang koin dengan nominal Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000 menjadi uang kertas dengan nomial Rp 5.000 dan Rp 10.000 dengan akurat.
===============================================================================================coins is a small nominal exchange instrument that can be used in Indonesia. At this time, people can only exchange the money they have to all banks in Indonesia. In this final project to make coins to paper changer machine. This machine is made as easy as possible so that it can be used by all people. This tool uses two sensors to detect the money coming into the machine and use Atmega32 microcontroller as its controller.
Each coin has a different diameter and weight. coins will be determined nominally based on the diameter of the coin. On each coin hole, there is a photodiode sensors that will calculate the amount and nominal coins. coins will be weighed using a loadcell sensor to validate the authenticity of the coin. If the weight and nominal coins are appropriate then the coins will go into storage and users can choose nominal paper money money will be issued, whereas if the weight and the nominal does not match then the coin money will come back out of the machine.
this machine can read and exchange coins with nominal of Rp 100, Rp 200, Rp 500 and Rp 1,000 to paper money with nominal Rp 5,000 and Rp 10,000 accurately.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Uang koin, Photodioda, Uang kertas, Loadcell.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Nofrialdi -
Date Deposited: 21 Jul 2021 21:32
Last Modified: 21 Jul 2021 21:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57583

Actions (login required)

View Item View Item