Analisa Gangguan Transient Response Dan Harmonisa Pada Sistem Kelistrikan Kapal Tanker Dengan Simulasi

Martha, Kirana Putri Taradipa (2018) Analisa Gangguan Transient Response Dan Harmonisa Pada Sistem Kelistrikan Kapal Tanker Dengan Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000120-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
04211440000120-Undergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya suatu kapal memiliki bermacam-macam kondisi, yaitu bongkar muat (cargo handling), lego jangkar (anchoring), bermaneuver (maneuvering), dan berlayar (sailing) yang mana membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Kualitas tegangan yang tidak baik akan meyebabkan kerusakan pada peralatan listrik yang ada di kapal. Gangguan-gangguan yang terjadi pada sistem kelistrikan kapal tanker MT. X dapat mengakibatkan turunnya performa pada peralatan listrik yang ada di kapal dan mempengaruhi suatu kondisi tertentu seperti pada kondisi loading-unloading waktu yang dibutuhkan untuk bongkar muat menjadi lebih lama karena adanya gangguan pada sistem kelistrikan tersebut. Sistem kelistrikan kapal tanker MT.X ini memiliki 5 (lima) busbar utama yaitu BUS 1, FEEDER PANEL, DSB 2, DSB 3&4, dan DSB 6. Generator yang dimiliki oleh kapal tanker MT. X adalah sebanyak 3 unit masing-masing memiliki daya sebesar 680 kW, dengan frekuensi sebesar 60 Hz, dan tegangan sebesar 450 V. Analisa gangguan transient pada kondisi loading-unloading terjadi transient response akibat starting ballast pump dimana voltase naik dan kemudian turun dalam rentang waktu 0,5 detik dengan nilai tertinggi 100,44% pada detik 4,01 dan nilai terendah adalah 99,50% pada detik ke 4,81 kemudian dapat mencapai kondisi steady state pada nilai 99,9%, yang mana tidak melebihi batas standar IEEE. Pada gangguan harmonisa dalam kondisi loading-unloading , pada feeder panel yang menghubungkan sumber harmonisa dengan beban pada orde ke-5 didapatkan nilai VIHD sebesar 8.77%, yang mana nilai tersebut melebihi standar IEEE yaitu 5%. Sedangkan nilai VTHD pada kondisi loading unloading juga melebihi batas standar yang telah ditentukan. Setelah dilakukan pemasangan filter, dapat diketahui bahwa nilai VIHD pada orde ke-5 dalam kondisi loading-unloading mengalami penurunan menjadi 3.6% setelah dilakukan pemasangan filter pada feeder panel, atau sama dengan mengalami penurunan sebanyak 5.17%. Penurunan nilai VIHD tersebut telah memenuhi standar IEEE 519-2014 yaitu sebesar 5% pada setiap individual orde. Sementara itu nilai VTHD pada kondisi loading-unloading juga mengalami penurunan, dari 11.18% menjadi 7.02%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transient Response; Harmonisa; Sistem kelistrikan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kirana Putri Taradipa Martha
Date Deposited: 29 Jul 2021 09:10
Last Modified: 29 Jul 2021 09:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57703

Actions (login required)

View Item View Item