Investigasi Pengaruh Buka Tutup Katup Inlet Pada Pencampuran Udara Dengan Bahan Bakar Pada Gas Diesel Engine ,Berbasis Silmulasi

., AA (2018) Investigasi Pengaruh Buka Tutup Katup Inlet Pada Pencampuran Udara Dengan Bahan Bakar Pada Gas Diesel Engine ,Berbasis Silmulasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04211440000080-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penambahan bahan bakar Gas CNG pada mesin diesel konvensional telah menambah efisiensi mesin diesel dan mengurangi konsumsi bahan bakar diesel tanpa harus mengubah dari dimensi mesin diesel konfensional hannya dengan mengubah berapa konsumsi bahan bakar diesel dengan penambahan bahan bakar diesel. Namun di karenakan bahan bakar CNG yang akan di masukan ke dalam ruang pembakaran di letakan pada aliran udara masuk maka perlu adanya Analisa yang mendalam bagaimana aliran udara dan bahan bakar CNG yang tercampur ketika udara masuk dan bahan bakar CNG di injeksikan dan tekanan yang terjadi pada ruang bakar agar mendapatkan aliran dan massa udara dan bahan bakar yang efisien ketika adanya penambahan bahan bakar gas yang bertekanan. Simulasi aliran udara masuk dan bahan bakar CNG pada mesin diesel modifikasi yang di modelkan dengan penambahan bukaan katup inlet di harapkan dapat memberikn gambaran umum tentang efek dari angkat katup inlet pada mesin diesel modifikasi dual fuel engine. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan CFD (Computational Fluid DInamic) dengan memvariasikan bukaan katup inlet pada saat keadaan default sebesar 7.28 mm, 3,64 mm, 10,92 mm, dan 14,56 mm. Setelah dilakukan simulasi hasil menunjukan bahwa pada saat penambahan bukaan katup pada 14,56 menunjukan rata-rata adanya peningkatan kecepatan udara masuk dan peningkatan massa aliran udara dan bahan bakar namun pada bukaan ini adanya penurunan kecepatan rata-rata pada kedua fluida. Namun pada bukaan 10,92 mm di dapatkan jumlah massa aliran udara di antara yang lainnya dan memilika tingkat turbulensi tinggi sehingga pada saat udara dan bahan bakar masuk akan tercampur lebih maksimal. =================================================================================================== The addition of fuel CNG gas in conventional diesel engines has increased the efficiency of diesel engines and reduces diesel fuel consumption without having to change from conventional diesel engine dimensions by changing how much diesel fuel consumption with the addition of diesel fuel. However, since the CNG fuel to be input into the combustion chamber is placed in the inlet air flow it is necessary to have a deep analysis of how the airflows and CNG fuels are mixed as the air enters and the CNG fuel is injected and the pressure that occurs in space fuel to get the flow and mass of air and fuel efficiently when the addition of fuel gas is pressurized. Simulation of incoming airflow and CNG fuel on modified diesel engines that are modeled with the addition of an inlet valve opening are expected to provide an overview of the effect of inlet valve lift on a dual fuel engine modified diesel engine. In this research, the CFD (Computational Fluid DInamic) approach is used by varying the opening of the inlet valve when the default condition is 7.28 mm, 3.64 mm, 10.92 mm, and 14.56 mm. After simulation results show that at the time of addition of valve openings at 14.56 shows the average of the increase in air velocity and increase the mass of air and fuel flow but at this opening there is a decrease in average velocity on both fluids. But at 10.92 mm openings get the mass of airflow among the others and have a high turbulence rate so that when the air and fuel enter will be mixed more leverage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gas Diesel Engine, Buka Tutup Katup, Pencampuran Udara - bahan Bakar, , CFD simulasi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: AA .
Date Deposited: 22 Jul 2021 22:59
Last Modified: 22 Jul 2021 22:59
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/57867

Actions (login required)

View Item View Item