Analisis Nilai Spin Lattice Relaxation Time (T1) pada Bahan Agar Menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI)

Afriana, Ria Dwi (2018) Analisis Nilai Spin Lattice Relaxation Time (T1) pada Bahan Agar Menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TA_Riadwiafriana_Fisika14.pdf]
Preview
Text
TA_Riadwiafriana_Fisika14.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualifikasi material yang baik untuk fantom pada Magnetic Resonance Imaging (MRI) ialah memiliki nilai spin lattice relaxation time (T1) yang mampu dibandingkan dengan nilai T1 pada jaringan tubuh manusia, mampu diproses dengan cara yang baik, tidak bahaya, stabil untuk periode waktu yang cukup lama, murah dan mudah untuk dibuat. Agar memiliki kualifikasi seperti yang telah dijelaskan tersebut. Pada penelitian kali ini dilakukan studi khusus untuk pembobotan T1 pada bahan agar dengan tujuan untuk menentukan nilai T1 pada bahan agar dan karakteristik T1 pada tiap irisan serta membandingkan nilai T1 pada agar dengan nilai T1 pada jaringan manusia. Pada penelitian kali ini bahan agar yang digunakan ialah dengan konsentrasi 2.5%, 5% dan 7.5%, serta digunakan echo time (TE) 10 ms dan 20 ms dengan repetition time (TR) 500 ms – 5000 ms untuk MRI 1.5 Tesla. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh nilai T1 yang lebih tinggi diperoleh pada sampel agar yang lebih rendah dengan karakteristik T1 pada tiap irisan memiliki nilai yang berbeda. Dari penelitian ini, bahan agar memiliki potensi untuk menjadi tissue equivalent material pada darah, jantung, tulang rawan, jaringan skeletal dan lapisan abu-abu dalam otak.
========================================================================================================
To be considered as a good material for phantom in Magnetic Resonance Imaging (MRI), a material should have the value of spin lattice relaxation time (T1) which is comparable to T1 value of human tissue, well processed, non-hazardous, stable for a sufficient period of time, cheap and easy to make. Agar has the qualifications as described above. In this research, a study was conducted for T1 weighting on agar material in order to determine the value of T1 in agar material. T1 characteristics on each slice was observed and T1 value of agar was compared toT1 value of the human tissue. In this study, concentrations of agar were 2.5%, 5% and 7.5%, and echo time (TE) 10 ms and 20 ms with repetition time (TR) 500 ms - 5000 ms were used for MRI 1.5 Tesla. Based on this research, the value of T1 was shown higher for sample with lower agar concentration. It is shown that T1 characteristic on each slice has different value. From this study, agar has a potential to become tissue equivalent materials in blood, heart, cartilage, skeletal tissue and brain gray matter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSFi 616.754 8 Afr a 3100018076061
Uncontrolled Keywords: Magnetic Resonance Imaging, T1, spin lattice relaxation time, agar
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Faculty of Natural Science > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ria Dwi Afriana
Date Deposited: 22 Jan 2019 07:39
Last Modified: 02 Feb 2021 05:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57950

Actions (login required)

View Item View Item