Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Pada Suspensi Udara Kereta Api Listrik Dengan Bogie Tipe Mb-514

Marbun, Rangga Evalga (2018) Pemodelan Dan Analisa Respon Dinamis Dan Energi Bangkitan Pada Suspensi Udara Kereta Api Listrik Dengan Bogie Tipe Mb-514. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000155 Rangga Evalga M.pdf]
Preview
Text
02111340000155 Rangga Evalga M.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Transportasi umum merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara, di negara-negara maju transportasi mengalami perkembangan yang cukup pesat belakang ini dimana untuk dapat memaksimalkan fungsi kerjanya transportasi harus memiliki efisiensi yang tinggi sehingga dilakukan beberapa cara antara lain dengan kinetic energy recovery system (KERS) yaitu sistem yang memanfaatkan energi kinetik dari kendaraan yang sedang melaju untuk di serap dan disimpan menjadi energi listrik atau thermal energy recovery system (TERS) yaitu mengubah energi panas hasil pembakaran menjadi energi listrik yang di simpan dalam baterai. Namun demikian gerak vibrasi pada kendaraan masih merupakan sumber energi yang potensial untuk digunakan, oleh karena itu pada tugas akhir ini akan memodelkan dan menganalisa potensi yang mampu dibangkitkan pada suspense udara kereta listrik (commuter line).
Dalam tugas akhir ini kereta listrik akan dimodelkan dalam seperempat kendaraan dengan suspense udara yang menggunakan vampire model dan kemudian disimulasikan dengan program Simulink untuk mendapatkan grafik respon dinamis untuk dibandingkan dengan respon dinamis kereta api konvensional setelah itu dilakukan analisa energi bangkitan pada suspense udara berdasarkan grafik respon dinamisnya. Grafik respon
dinamisnya akan meliputi grafik perpindahan, kecepatan dan percepatan dari carbody dengan variasi input rel yang digunakan yaitu gelombang sinusoidal dengan amplitude 0.01, 0.02 dan 0.04 meter dan panjang gelombang 10 meter sedangkan variasi kecepatan yang digunakan yaitu 50 Km/jam dan 70 Km/jam.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin basar amplitude input sinusoidal yang diberikan maka semakin besar pula eksitasi dari respon dinamisnya dan dari respon dinamis yang ada didapatkan energi bangkitan terbesar terdapat pada input amplitude 0.04 meter dengan kecepatan 70 Km/jam yaitu sebesar 256.23 watt (rms).
===================================================================================================
Public transportation is important for a country development. In developed country, transportation has high development which to maximize the function, high efficiency is needed. That is why, there are several way such as kinetic energy recovery system (KERS), a system that take advantage of kinetic energy of the moving vehicle itself to be absorbed and kept to become electrical energy or thermal energy recovery system (TERS) which change thermal energy from combustion to electrical energy to be saved in the battery. However, vibration move of the vehicle is still potential energy source. Therefore, this final project will modelling and analyze available potential that can be generated from air suspense of electrical train (commuter line).
In this final project, commuter line will be modeled in a quarter vehicle with air suspense using vampire model. Then, it will be simulated using Simulink to get dynamic response graphic to be compared with conventional train dynamic response. After that, generation energy in air suspense will be analyzed using its dynamic response graphic. Dynamic response graphic will cover movement graphic, velocity and acceleration of the carbody with rail input variations are sinusoidal wave of 0.01, 0.02, and 0.04 amplitudes and wavelength of 10 meters, and also velocity variations of 50 km/hour and 70 km/hour.
From this research, it can be concluded that the higher amplitude of sinusoidal input given then the higher excitation of dynamic response. From the available dynamic responses, the highest generation energy is in input of 0.04 amplitude with velocity of 70 km/hour which is 256.23 watt (rms).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kereta listrik, suspense udara, Simulink, respon dinamis, energi bangkitan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rangga Evalga Marbun
Date Deposited: 29 Jul 2021 09:46
Last Modified: 29 Jul 2021 09:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58052

Actions (login required)

View Item View Item