Rekomendasi Pengendalian Bencana Banjir Berdasarkan Zona Risiko di Kabupaten Sidoarjo

Maghfiroh, Nurul (2018) Rekomendasi Pengendalian Bencana Banjir Berdasarkan Zona Risiko di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211140000025-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08211140000025-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu kawasan di Indonesia yang sering mengalami banjir atau genangan terbanyak di Jawa Timur adalah Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi pengendalian banjir yang tepat bagi Kabupaten Sidoarjo, dengan melakukan salah satu usaha mitigasi bencana yakni pengkajian bahaya bencana melalui pemintakatan risiko bencana banjir sebagai upaya mitigasi bencana.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan beberapa tahap berikut: menganalisis kriteria penentu bencana banjir, selanjutnya menganalisis klasifikasi skoring kriteria penentu bencana banjir menggunakan Skala Likert yang disesuaikan dengan kriteria dari masing-masing variabel sesuai peraturan yang berlaku, lalu merumuskan zona bahaya, kerentanan, dan risiko bencana banjir menggunakan alat analisis spasial dalam perangkat lunak ArcGIS yakni ‘Weighted Overlay’. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah memberikan rekomendasi pengendalian bencana banjir bagi Kabupaten Sidoarjo berdasarkan zonasi risiko.
Hasil dari analisis zona risiko adalah terbentuknya peta pemintakatan risiko bencana banjir di Kabupaten Sidoarjo dengan 2 (dua) tingkatan risiko banjir, yakni: ‘risiko sedang’ dan ‘risiko tinggi’. Wilayah di Kabupaten Sidoarjo yang termasuk dalam zona risiko tinggi berada di Desa/Kelurahan Kalitengah – Kecamatan Tanggulangin. Rekomendasi pengendalian yang tepat bagi zona risiko tinggi adalah metode non-struktur, seperti pengaturan tata guna lahan, pengembangan daerah banjir, membangun bangunan tahan banjir, serta peramalan dan peringatan bahaya banjir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPW 711.8 Mag r-1 3100018077676
Uncontrolled Keywords: Bencana Banjir, Risiko, Non-Struktur
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD171.75 Climate change mitigation
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurul Maghfiroh
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:58
Last Modified: 30 Dec 2020 06:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58072

Actions (login required)

View Item View Item