Studi Penentuan Alternatif Terlayak Secara Ekonomis Pada Perbaikan Jalan Trans Papua Ruas Jalan Kabupaten Merauke - Kabupaten Boven Digoel (Studi Kasus Kecamatan Merauke - Kecamatan Muting)

Ayunaning, Kholidia (2018) Studi Penentuan Alternatif Terlayak Secara Ekonomis Pada Perbaikan Jalan Trans Papua Ruas Jalan Kabupaten Merauke - Kabupaten Boven Digoel (Studi Kasus Kecamatan Merauke - Kecamatan Muting). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 03111650060002_master_thesis.pdf]
Preview
Text
03111650060002_master_thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jalan Trans Papua dibangun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengintegrasikan pengembangan potensi daerah dan perubahan struktur masyarakat, membentuk suatu sistem jaringan jalan Nasional, Provinsi, Kabupaten dan Kota guna mendukung sistem produksi dan distribusi di pedalaman Papua. Namun, apabila terjadi pergantian musim dari musim panas ke musim penghujan jalan akan mengalami kerusakan, kerusakan ini sangat berdampak pada perekonomian dimana akan menghambat pendistribusian barang dan jasa. Guna menangani hal tersebut perlunya dilakukan peningkatan perkerasan jalan dengan overlay (pemberian pelapisan ulang). Perbaikan dengan overlay dilakukan dengan dua alternative perbaikan jalan agar mendapatkan alternative terlayak secara ekonomis sehingga tidak memberikan kerugian bagi pelaksana dan pengguna jalan Trans Papua. Alternatif perbaikan jalan pertama dengan penutupan satu lajur perkerasan jalan dengan rentan waktu pagi dan siang (satu hari) dan alternatif perbaikan jalan kedua dengan penutupan kedua lajur perkerasan jalan dan pelebaran bahu jalan. Dengan lalu lintas harian rata-rata pada ruas jalan Trans Papua Kabupaten Merauke – Kabupaten Boven Digoel sebesar 58.56 smp/jam, dengan panjang segmen jalan untuk ruas jalan Trans Papua Kecamatan Merauke – Kecamatan Muting sepanjang 273.91 km, dengan lebar perkerasan jalan 5 meter, lebar bahu jalan 1 meter, dan merupakan kelas jalan Nasional dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah tak terbagi.
Alternatif perbaikan jalan Trans Papua Kabupaten Merauke – Kabupaten Boven Digoel di analisa menggunakan metode net present value (NPV) dan internal rate and return (IRR). Dengan mencari data volume lalu lintas harian rata-rata (LHR), nilai derajat kejenuhan (DJ) dan biaya operasional kendaraan (BOK). Dari data yang telah didapat diketahui alternative perbaikan jalan yang terlayak secara ekonomis pada ruas jalan Trans Papua adalah alternative perbaikan jalan yang kedua yaitu dengan penutupan kedua lajur perkerasan jalan dan pelebaran bahu jalan, dengan lama waktu pengerjaan perbaikan jalan selama 1 tahun 1 bulan 15 hari, memerlukanb biaya perbaikan perkerasan jalan sebesar Rp. 1,170,579,326,587.21 dan waktu tempuh selama 5.7 jam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Trans Papua, Perkerasan Jalan, Kerusakan Perkerasan Jalan, Overlay, Alternative, Net Present Value (NPV), Internal Rate and Return (IRR)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Theses
Depositing User: Kholidia Ayunaning
Date Deposited: 03 Aug 2021 21:07
Last Modified: 03 Aug 2021 21:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58281

Actions (login required)

View Item View Item