Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Ditinjau Dari Aspek Ekonomi Dan Finansial

Pratama, Fadhil Septiawan (2018) Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Ditinjau Dari Aspek Ekonomi Dan Finansial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111340000144-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
03111340000144-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepadatan lalu lintas pada jalan tol Jakarta-Cikampek merupakan hal yang hampir setiap hari terjadi terutama pada saat jam sibuk mengingat jalan tol ini merupakan ruas jalan utama penghubung Jakarta dengan daerah sekitarnya. Oleh karena itu, Jasa Marga mengajukan inisiasi untuk pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dimulai dari simpang susun Cikunir hingga Karawang Barat dengan tujuan mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan tersebut. Dengan adanya tol elevated maka kendaraan yang akan melakukan perjalanan menerus dari arah Jakarta ke arah Bandung maupun sebaliknya tidak akan terganggu dengan kepadatan ruas Cikunir hingga Karawang Barat.
Untuk permasalahan meningkatnya Derajat Kejenuhan (Dj) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat diperhitungkan dengan metode-metode yang ada pada PKJI Jalan Bebas Hambatan 2014. Pada laporan Tugas Akhir ini akan dijelaskan tentang bagaimana kinerja jalan pada kondisi eksisting, peramalan kinerja jalan setelah adanya pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated kemudian dianalisis kelayakannya dari aspek ekonomi dan finansial.
Dari hasil perhitungan, penurunan derajat kejenuhan jalan tol Jakarta-Cikampek eksisting tidak begitu signifikan setelah adanya jalan tol Jakarta-Cikampek elevated. Untuk analisis aspek ekonomi didapat nilai NPV sebesar -Rp 19.256.849.034.870,20 (NPV<0) dan BCR sebesar 0,111 (BCR<1) sedangkan dari aspek finansial didapat nilai NPV sebesar Rp 26.682.333.580.454,60 (NPV>0) dan BCR sebesar 2,232 (BCR>1) sehingga proyek pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek elevated dinyatakan tidak layak dari aspek ekonomi namun dinyatakan layak dari aspek finansial.
=================================================================================================
Traffic jam in Jakarta-Cikampek toll road usually happens everyday especially in peak hour because this toll road is the main road between Jakarta and city around Jakarta. Because of that, Jasa Marga initiate Jakarta-Cikampek elevated toll road project from Cikunir interchange to West Karawang in order to decrease traffic jam in Jakarta-Cikampek existing toll road. With this elevated toll, vehicle that have continuous route from Jakarta to Bandung nor opposite won’t be affected by traffic jam in Cikunir until West Karawang.
For calculation degree of saturation (Dj) in Jakarta-Cikampek toll road can be calculated with the methods of PKJI 2014. This final project will be explained about road performance on the existing condition, road performance forecasting after Jakarta-Cikampek elevated toll road can be operated, then the feasibility study of economic and financial aspects will be analyzed.
From the calculation, degree of saturation degree decrease of Jakarta-Cikampek existing toll road is not too significant after Jakarta-Cikampek elevated toll road operation. The result of economic aspect in NPV is about -Rp 19.256.849.034.870,20 (NPV<0) and BCR is about 0,111 (BCR<1) whereas the result of financial aspect in NPV is about Rp 26.682.333.580.454,60 (NPV>0) and BCR is about 2,232 (BCR>1) so Jakarta-Cikampek elevated toll project is not feasible from economic aspect but feasible from financial aspect.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: feasibility study, BOK, economic, financial, PKJI 2014
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering
Depositing User: Fadhil Septiawan Pratama
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:55
Last Modified: 04 Aug 2021 23:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58306

Actions (login required)

View Item View Item