Perencanaan Gedung Parkir RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Muktyarso, Ade Wisnu (2018) Perencanaan Gedung Parkir RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111040000113-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111040000113-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sebagai rumah sakit daerah terbesar di Jawa Timur dan sebagai salah satu rujukan utama bagi rumah sakit-rumah sakit yang ada di Jawa Timur, RSUD Dr. Soetomo setiap harinya menampung banyak kendaraan-kendaraan pasien yang berkunjung. Hal ini membuat kebutuhan akan lahan parkir menjadi meningkat setiap tahunnya. Lahan parkir yang sudah ada, kini sudah hampir tidak dapat menampung beban volume kendaraan yang masuk ke area rumah sakit. Seringkali kendaraan pasien harus ditolak, sehingga pasien tidak punya pilihan lain selain parkir di badan jalan yang tidak diperbolehkan untuk parkir. Sudah seharusnya dibangun fasilitas parkir yang layak untuk menampung beban kendaraan yang akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Disisi lain, keterbatasan lahan juga menjadi kendala bagi pembangunan fasilitas parkir tambahan. Untuk itu dibutuhkan perencanaan yang baik untuk memanfaatkan lahan yang ada secara efisien sebagai solusi permasalahan parkir bagi fasilitas yang ada di lingkungan RSUD Dr. Soetomo.
Tugas akhir ini membahas mengenai perencanaan lahan parkir bagi RSUD Dr. Soetomo untuk menampung kelebihan volume kendaraan parkir yang telah ada. Data survei yang didapat menunjukkan bahwa volume parkir fasilitas yang diamati telah melebihi kapasitas normal. Selain itu rata-rata durasi pemakaian parkir yang tinggi juga mengakibatkan ruang yang tersedia untuk parkir menjadi lebih sedikit. Berdasarkan hal ini, gedung parkir direncanakan untuk menampung kelebihan volume parkir tersebut sampai umur rencana selama 5 tahun.
Perencanaan ini menghasilkan sebuah gedung parkir dengan kapasitas 437 SRP untuk kendaraan roda 4 dan 1471 SRP untuk kendaraan roda 2. Kapasitas ini diharapkan dapat memenuhi umur rencana hingga tahun 2026. Gedung parkir ini menempati lahan seluas 6156 m2 dengan total luas bangunan sebesar 22.572 m2 yang terbagi menjadi 9 lantai. Perencanaan gedung tidak menggunakan seluruh lahan rencana sehingga diharapkan sisa lahan dapat digunakan untuk keperluan pembangunan lain.
=================================================================================================
As the largest regional hospital in East Java and being main reference for another hospital in the same region, RSUD Dr. Soetomo attract many visiting patient vehicles every day. This makes the need of parking lot increasing each year. Existing parking lots are nearly unable to accommodate the incoming parking volume. Patient vehicles tend to be rejected frequently, making them had no other choice but to park in the roadside which is forbidden. Planning a proper parking facility to accommodate an always increasing vehicle volume is necessary in the future. On the other side, land restriction is one of the restraining factor to build another parking facility. Therefore, a good planning is required to utilize available land efficiently as a solution to the parking problem for every facility in the area of RSUD Dr. Soetomo.
This final project examined a proper parking planning for RSUD Dr. Soetomo to accommodate exceeding parking volume. Data aquired from the surveys reveal that the parking volume had exceed the normal capacity of the available parking lot. Beside that, the high average of parking usage duration makes the availability of parking space down to minimum. Based on that, a parking building planned to accomodate the exceeding volume until the end of the 5 year planning era.
This planning resulting into a parking building with the capacity of 437 parking spaces for car and 1471 parking spaces for motorcycle. The capacity is expected to last until the year of 2026. The parking building will take place on a 6156 m2 land with a total 22.572 m2 of building volume which is divided into 9 floor. The planning of this building will not utilized a maximum land available to reserve a part for future development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gedung Parkir, Rumah Sakit, Dr Soetomo
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ade Wisnu Muktyarso
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:04
Last Modified: 05 Aug 2021 00:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58328

Actions (login required)

View Item View Item