Analisa Mikrotremor Menggunakan Metode Random Decrement Untuk Mikrozonasi Potensi Kerusakan Akibat Gempabumi Di Kabupaten Pacitan

Pradana, Irvan Adji (2018) Analisa Mikrotremor Menggunakan Metode Random Decrement Untuk Mikrozonasi Potensi Kerusakan Akibat Gempabumi Di Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
TA dan pengesahan fix.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pacitan termasuk kedalam daerah yang sering terjadi gempabumi. Hal ini terjadi karena pada daerah Pacitan memiliki beberapa patahan aktif. Patahan aktif ini dapat menyebabkan getaran yang dapat memicu gempabumi. Oleh karena itu, dilakukan mikrozonasi kegempaan pada Kabupaten Pacitan untuk mengetahui daerah yang berpotensi mengalami kerusakan akibat gempabumi. Mikrozonasi kegempaan di Kabupaten Pacitan dilakukan menggunakan metode Random Decrement (RDM) pada data mikrotremor untuk menghasilkan rasio redaman dan frekuensi natural. Hasilnya menunjukkan bahwa rasio redaman dan frekuensi natural pada Kabupaten Pacitan dipengaruhi oleh jenis formasi batuan serta adanya sesar. Selanjutnya, kedua parameter ini digunakan untuk mikrozonasi menggunakan metode Fuzzy Clustering dalam membagi daerah penelitian menjadi 6 zona, yakni zona sangat bahaya, zona bahaya, zona waspada, zona siaga, zona aman, dan zona sangat aman. Daerah yang termasuk kedalam zona sangat bahaya adalah Kecamatan Sudimoro dan Tulakan, sedangkan daerah yang termasuk kedalam zona bahaya adalah Kecamatan Kebonagung. Selain itu, yang termasuk zona aman adalah Kecamatan Bandar, serta daerah yang termasuk kedalam zona sangat aman adalah Kecamatan Donorejo. Daerah-daerah yang lain termasuk kedalam zona waspada hingga siaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Getaran, Gempabumi, Mikrotremor, Random Decrement
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Natural Science > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irvan Adji Pradana
Date Deposited: 19 Jun 2021 11:45
Last Modified: 19 Jun 2021 11:45
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/58619

Actions (login required)

View Item View Item