Perancangan Sistem Deblurring Pada Citra Akibat Motion Blur Menggunakan Metode Image Restoration

Nugroho, Ahmad Harwin (2018) Perancangan Sistem Deblurring Pada Citra Akibat Motion Blur Menggunakan Metode Image Restoration. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
02311340000143-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan teknologi yang semakin cepat mengakibatkan proses perkembangan teknologi kamera yang semakin cepat pula. Data statistik dari tahun 2013 hingga 2017 menujukkan peningkatan drastis akan booming fotografi akibat perkembangan teknologi kamera, baik kamera digital, kamera untuk tablet, dan kamera untuk smartphone, dengan didominasi pengguna kamera pada smartphone. Beberapa penyebab degradasi pada citra adalah distorsi atmosfir, out-of-focus¬ blur, motion blur akibat pergerakan kamera atau objek. Motion deblurring adalah proses menghilangkan blur pada citra. Citra yang kabur bisa dihindari dengan menggunakan peralatan berkualitas tinggi, pencahayaan yang baik, atau benda diam yang tidak bergerak. Salah satu proses atau cara untuk menghilangkan faktor yang tidak diinginkan dari citra yang didapat adalah dengan menggunakan image restoration. Prinsip dari image restoration adalah metode dekonvolusi, dimana image asli tanpa degradasi merupakan hasil dekonvolusi antara image dengan degradasi dan kernel degradasi. Untuk mengevaluasi kualitas gambar secara objektif, nilai SNR akan digunakan. Dimana nilai SNR yang lebih tinggi berarti kualitas citra yang lebih baik daripada gambar dengan nilai SNR yang lebih rendah. Berdasarkan hasil simulasi, nilai SNR tertinggi adalah untuk kecepatan 10 km/jam dengan nilai 23,34 dB, dan nilai SNR terendah adalah untuk kecepatan 30 km/jam dengan nilai 21,05 dB. Berdasarkan hasil validasi, nilai SNR tertinggi adalah untuk citra dengan kecepatan 10 km/jam dengan nilai rata-rata SNR adalah 23.54 dB, dan nilai terendah pada kecepatan 30 km/jam dengan nilai rata-rata SNR 21,076 dB. Semakin tinggi nilai SNR maka semakin bagus hasil restorasinya, dibuktikan dengan semakin cepat laju mobil, hasil SNR semakin rendah, dan semakin lambat laju mobil, hasil SNR semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Deconvolution, Motion Blur, Image Restoration, SNR
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Harwin Nugroho
Date Deposited: 19 Jun 2021 11:36
Last Modified: 19 Jun 2021 11:36
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/58621

Actions (login required)

View Item View Item