Analisis Hubungan Antara Golongan Umur dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Latin Masyarakat Sekitar Hutan di Jawa Timur

Rachman, Pretty Septiarna (2018) Analisis Hubungan Antara Golongan Umur dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Latin Masyarakat Sekitar Hutan di Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611500000055-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10611500000055-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembangunan suatu wilayah ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas SDM tersebut. Salah satu daerah yang menjadi sasaran pendidikan yaitu merupakan kawasan lingkungan hutan karena letaknya yang berada di pedalaman dan pendidikan yang masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan pendidikan secara nasional. Penelitian ini akan menginformasikan seberapa banyak penduduk yang memanfaatkan fasilitas pendidikan yang dapat dilihat dari jumlah partisipasi penduduk menurut kemampuan membaca dan menulis huruf latin. Semakin tinggi jumlah masyarakat yang memiliki kemampuan membaca dan menulis semakin besar jumlah penduduk yang berkesempatan meningkatkan tingkat pendidikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil berdasarkan publikasi Statistik Kehutanan Badan Pusat Statistik pada tahun 2014. Jumlah masyarakat atas kemampuan membaca dan menulis huruf latin di Jawa Timur berdasarkan golongan umur dan jenis kelamin ini dianalisis menggunakan metode log linier dua dimensi dan melakukan uji independensi sampai mendapatkan model matematis terbaik. Hasil yang diperoleh dari adanya penelitian ini dapat diketahui bahwa ada hubungan antara golongan umur dan jenis kelamin terhadap kemampuan membaca dan menulis huruf latin pada masyarakat di sekitar hutan di Jawa Timur pada tahun 2014. Hasil pengujian log linier didapatkan bahwa secara umum model terbaiknya yaitu ketika ada interaksi antara golongan umur dan jenis kelamin terhadap kemampuan membaca dan menulis huruf latin. Selain itu didapatkan bahwa jenis kelamin perempuan serta manula usia 50 tahun ke atas cenderung tidak dapat membaca dan menulis huruf latin. Sehingga untuk rencana ke depan harus ada optimalisasi SDM dengan menargetkan golongan umur, jenis kelamin dan tingkat kemampuan membaca dan menulis huruf latin pada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Golongan Umur, Huruf Latin, Jenis Kelamin, Log Linier Dua Dimensi
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Pretty Septiarna Rachman
Date Deposited: 08 Aug 2021 08:31
Last Modified: 08 Aug 2021 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58646

Actions (login required)

View Item View Item