Pola Kecenderungan Potensi Kecelakaan di Ruas Jalan Utama Kota Surabaya Menggunakan Analisis Korespondensi

Pramesti, Era Ardhya (2018) Pola Kecenderungan Potensi Kecelakaan di Ruas Jalan Utama Kota Surabaya Menggunakan Analisis Korespondensi. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh nopember.

[thumbnail of 10611500000038-Non_Degre.pdf]
Preview
Text
10611500000038-Non_Degre.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang identik dengan mobilitas penduduknya yang tinggi, hal ini dikarenakan Kota Surabaya menjadi pusat bagi kegiatan pemerintahan, perdagangan dan jasa, serta perindustrian di Provinsi Jawa Timur. Tingginya mobilitas penduduk akan berpengaruh terhadap penggunaan alat transportasi semakin tinggi mobilitasnya akibatnya kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan utama di Kota Surabaya akan meningkat pula. Kepadatan lalu lintas yang tinggi akan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud mengetahui karakteristik dan pola kecenderungan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di setiap wilayah Kota Surabaya menurut waktu terjadinya kecelakaan, tingkat keparahan korban yang ditimbulkan, usia pelaku yang menyebabkan kecelakaan, kondisi volume lalu lintas, dan tingkat kerusakan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas-ruas jalan utama yang cenderung menimbulkan korban kecelakaan lalu lintas hingga meninggal dunia adalah di wilayah Surabaya Barat dengan disebabkan oleh pelaku dengan usia antara 31-50 tahun. Adapun kecelakaan juga cenderung terjadi pada jam-jam aktivitas berlalu lintas sedang dalam kondisi normal serta disebabkan kerusakan jalan yang masuk kedalam kategori rusak berat dan pada saat kondisi volume lalu lintas yang didominasi oleh jenis kendaraan sepeda motor.
========================================================
Surabaya is one of the metropolitan city in Indonesia which is related with high population mobility, such as Surabaya is the center of governmental activities, trade and services, also industry in East Java Province. The high mobility of the population will affect the use of transportation. The mobility is getting higher when the use of transportation is getting increase, so the traffic density in the main road segments in Surabaya will be increasing too, and it’s make causes of the traffic accidents. This research is intended to know the characteristics and the patterns tendency of potential traffic accidents in each Surabaya City area according to the time of the accident, the severity of the victim, the age of the perpetrator causing the accident, the type of vehicle that dominates the daily average traffic volume, average, and level of damage. The results showed that the main road segments that tend to make the death traffic accident victim is in West Surabaya which is caused by the perpetrators between 31 years until 50 years. The occurrence of these accidents tend to happened while the hours of traffic activity is in the normal condition with the road conditions tend to be severely damaged and when traffic situations dominated sepeda motor vehicle types.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Korespondensi, Kecelakaan Lalu Lintas, Kerusakan Jalan, Volume Lalu Lintas
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Pramesti Era Ardhya
Date Deposited: 18 Jun 2021 12:41
Last Modified: 18 Jun 2021 12:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58703

Actions (login required)

View Item View Item