Peramalan Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi Menggunakan Metode ARIMA Box Jenkins

Puspitawati, Amylia (2018) Peramalan Harga Saham Perusahaan Sektor Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi Menggunakan Metode ARIMA Box Jenkins. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611500000072-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10611500000072-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu indikator perekonomian suatu negara yang merupakan sarana pendanaan suatu perusahaan dan sarana untuk berinvestasi dana untuk jangka panjang, salah satunya adalah saham. Menjadi seorang investor saham perlu mempelajari dan memperhatikan data masa lalu suatu perusahaan, hal tersebut sangat penting dalam mengetahui prospek kedepan harga saham yang ada pada suatu perusahaan. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya terutama dari minyak bumi yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pendapatan negara secara umum. Ditunjang dengan kesediaan cadangan minyak bumi yang masih cukup besar maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan minyak bumi pada masa yang akan datang masih mempunyai prospek yang baik. Berhubungan dengan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui prospek harga saham perusahaan di sektor pertambangan minyak dan gas bumi untuk beberapa periode kedepan dengan meramalkan harga saham BIPI dan MEDC dengan menggunakan metode ARIMA Box-Jenkins. Model yang didapatkan pada BIPI adalah ARIMA (2,1,0) dan untuk MEDC adalah ARIMA (1,1,2). Hasil ramalan yang didapatkan menunjukkan harga saham yang cenderung konstan setiap harinya.
===================================================================================================
The capital market is one of indicators economie countrys. In capital market, companies can recieving financing and means investing for long-term fund. To be an inventor’s stock need to acknowledge and recognize the past data of a company especially financial data that is absolutely important in order to know the prospect of certain company’s stock price. Indonesia is a rich country with natural resources especially the crude oil which mainly give major contribution towards Indonesian income. The availability of crude oil reserve is still quite a lot; the company which dealing with crude oil mining still has a good prospect. In this regard this research wants to find out the prospect of stock price of oil and natural gas mining sector by predicting stock price of BIPI and MEDC through ARIMA method Box-Jenkins. The obtained model towards BIPI is ARIMA (2,1,0), and for MEDC is ARIMA (1,1,2). The result of the prediction shows that the stock price tends to be constant in each day.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : ARIMA Box Jenkins, Pertambangan Minyak Gas dan Bumi, Saham
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Amylia Puspitawati
Date Deposited: 08 Aug 2021 09:04
Last Modified: 08 Aug 2021 09:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58709

Actions (login required)

View Item View Item