Analisis Statis Dan Dinamis Sandwich Panel Berbahan Core Material Limbah Sekam Untuk Konstruksi Geladak Kapal

Yudiono, - (2018) Analisis Statis Dan Dinamis Sandwich Panel Berbahan Core Material Limbah Sekam Untuk Konstruksi Geladak Kapal. Masters thesis, ITS.

[img]
Preview
Text
TESIS YUDIONOTHOK.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Untuk mendapatkan material yang ringan dan kuat maka dibuatlah inovasi yang berupa material sandwich panel yaitu material komposit yang disusun antara dua jenis material yang berbeda dan material ini telah dikembangkan dalam industri perkapalan. Kombinasi material core yang digunakan untuk penelitian ini terdiri atas epoxy resin dan serbuk sekam padi yang lolos saringan mesh 50 dan di-treatment untuk persentase berat serbuk sekam 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 30%. Metode eksperimen dilakukan dengan uji densitas, hardness, uji kuat tarik. Material core dengan persentase serbuk sekam 10% dan 15% telah lolos kriteria LR dan dipilih sebagai material core pada material sandwich panel untuk uji lentur dan uji getaran. Uji getaran dilakukan untuk mengetahui frekuensi natural beserta damping ratio-nya dan aplikasi struktur kapal dengan simulasi FEM. Dari pengujian tegangan lentur pelat sandwich panel dengan core berkadar 10% sekam adalah sebesar 156,89 MPa dan core berkadar 15% sekam sebesar 131,02 Mpa. Dari uji getaran diperoleh frekuensi natural pelat sandwich panel dengan core berkadar 10% sekam adalah 625 Hz sedangkan sandwich dengan core berkadar 15% sekam sebesar 572 Hz. Damping ratio struktur sandwich berkisar 1%. Penurunan frekuensi natural akibat retak pada core sebesar 5%. Reduksi berat konstruksi geladak kapal setelah diganti sandwich panel rata-rata sebesar 7,82%. Kata kunci : Sandwich Panel, Core Material, Serbuk Sekam Padi, Uji Getaran, Struktur Geladak Kapal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yudiono -
Date Deposited: 09 Aug 2021 21:33
Last Modified: 09 Aug 2021 21:33
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/58877

Actions (login required)

View Item View Item