Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Jembatan Baja Pada Industri Galangan Kapal Dalam Rangka Diversifikasi Usaha (STUDI KASUS: PT. PAL INDONESIA)

Purwono, Rony (2018) Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Jembatan Baja Pada Industri Galangan Kapal Dalam Rangka Diversifikasi Usaha (STUDI KASUS: PT. PAL INDONESIA). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111550032002_MASTER_TESIS.pdf]
Preview
Text
04111550032002_MASTER_TESIS.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Galangan kapal merupakan salah satu bisnis usaha dalam bidang pembangunan sektor maritim. Kondisi galangan yang sepi dalam pembangunan kapal membuat galangan untuk melakukan salah satu langkah berupa diversifikasi. Penambahan lingkup pekerjaan pada galangan yang terjadi adalah perubahan galangan yang biasanya berfokus pada pekerjaan pembangunan kapal baru dan reparasi dengan memperluas bidang usaha dengan menambah pekerjaan yang masih berkaitan dengan bidang usaha yang dimiliki. Dalam penulisan ini, dilakukan analisa teknis dan ekonomis terhadap potensi penambahan lingkup pekerjaan pembangunan jembatan di galangan.
Penulisan ini menganalisa kondisi existing dari galangan PT.PAL Indonesia dalam pembangunan kapal dengan penambahan lingkup pekerjaan pembangunan jembatan. Fasilitas, Peralatan dan SDM yang dimiliki oleh PT.PAL Indonesia mempunyai parameter dalam menentukan kapasitas dari pekerjaan yang dimiliki. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kapasitas daya dukung tanah galangan cukup besar 12 ton/m², kapasitas bengkel produksi yang dimiliki cukup besar yaitu 9468,93 ton/ tahun, peralatan yang dimiliki memadai dengan goliath crane 300 ton dan tenaga kerja yang dilibatkan sebesar 39 orang pada pekerjaan perakitan center span. Dari aspek ekonomis pembangunan jembatan pada galangan memberikan keuntungan sebesar Rp.14.927.485.799 rupiah. Dalam hal ini PT.PAL Indonesia mampu melaksanakan penambahan pekerjaan dalam pembangunan jembatan.
=======================================================
Shipyard is one of businesses in the field of maritime sector development. The minimum job in the shipyard conditions in shipbuilding make the shipyard to do one step in the form of diversification. The additional scope of work of the shipyard which usually focuses on the work of new ship construction and reparation by expanding the business by adding work that is still related to the business. In this paper, technical and economic analyzed of the potential scope of work of bridge construction in the shipyard are carried out.
This paper analyzes the existing condition of the shipyard PT.PAL Indonesia in the construction of the ship with the addition of the scope of construction work of the bridge. From this research, it can be concluded that the capacity of dockyard is 12 ton / m², large enough and the production capacity is 9468,93 ton / year. The equipments are adequate with 300 ton goliath crane and the workforce is 39 people at center span assembly work. If the remaining capacity is utilized to the maximum, it will give benefit to the shipyard. From the economic aspect of the bridge construction, the shipyard give a profit of IDR.14.927.485.799 per year.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTPe 338.476 238 3 Pur a
Uncontrolled Keywords: Galangan Kapal, Kapasitas, Jembatan
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: rony purwono
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:04
Last Modified: 18 Dec 2020 07:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59110

Actions (login required)

View Item View Item