Perancangan Buku Ilustrasi Wayang Kulit Wetanan Sebagai Media Penyampaian Budaya Lokal Masyarakat Sidoarjo

Arrazaq, Deryl (2018) Perancangan Buku Ilustrasi Wayang Kulit Wetanan Sebagai Media Penyampaian Budaya Lokal Masyarakat Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3414100127-Undergraduete_Thesis.pdf]
Preview
Text
3414100127-Undergraduete_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kesenian dan budaya adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak ikut melestarikan dan mewariskan Seni Budaya leluhur bangsa kepada para generasi. Apalagi tiap kota dan daerah di Indonesia memiliki ragam seni dan budaya yang harus di jaga. Akan tetapi, berkembangnya zaman dan teknologi berdampak besar kepada minat masyarakat modern akan seni budayanya sendiri. Tak terkecuali di Kota Udang Sidoarjo. Selain makanan khasnya, Sidoarjo juga lekat dengan ikon Kesenian wayang Wetanan (Jawa Timuran) yang kini semakin meredup karena berkembangnya teknologi dan zaman.

Dari masalah yang ada, penulis telah melakukan beberapa metode penelitian yang sesuai untuk memperoleh kesimpulan bahwa menyentuh minat masyarakat lokal Sidoarjo akan seni wayang di usia remaja, bisa juga melalui sebuah buku yang memiliki elemen desain yang inovatif dan berbeda dari buku wayang pada umumnya. Maka dari itu, media buku ilustrasi wayang kulit sebagai penyampaian seni budaya wayang Jawa Timuran ini berpotensi mampu menJawab permasalah yang ada. Selain itu, buku ilustrasi ini dibuat lebih fleksibel dari segi konten, bahasa dan lebih ilustratif di tiap layout halaman dengan big idea yang digunakan yaitu “wayang kulit Jawa Timuran, Warisan Sidoarjo untuk Generasi”. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk bisa lebih menarik minat dan di terima oleh target remaja.

Buku ilustrasi ini sudah mencapai tujuannya utamanya, yaitu berperan dalam usaha untuk melaksanakan perlindungan dan pelestarian asset budaya Indonesia antara lain wayang kulit Jawa Timurannya dengan mengarsipkan segala informasi lewat media buku ilustrasi. Perancangan ini sudah inovatif dari segi konten yang fleksibel dengan sentuhan ilustrasi simpel namun tetap elegan untuk kalangan remaja. Akan tetapi kedepannya harus dilakukan user testing kepada remaja dengan skala yang lebih besar lagi agar bisa lebih sesuai dengan selera target audiens supaya bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat lokal Sidoarjo khususnya remaja di masa sekarang dan yang akan datang.
===========================================================
Art and culture is something that has been done for a long time and become a part of people's life. There is no excuse for not participating in preserving and passing on the ancestral Cultural Arts of the nation for generations. The addition of every city and region in Indonesia has a variety of art and culture that must be on guard. However, the development of great times and technology for the modern society will be its own cultural art. No exception in Shrimp Town Sidoarjo. In addition to the typical food, Sidoarjo also attached to the icon of wayang Wetanan Art (Java Timuran) which is now more dimmed due to the development of technology and the times.

From the existing problems, the authors conducted several research methods. This study aims to find out how to make a illustration book, and also through an innovative book. Therefore, the media of ‘wayang kulit’ illustration book as the delivery of Puppet Javanese ‘wayang ’ art can be used to answer the existing problems. Moreover, these books are made more flexible in terms of content, and more illustrative in every page layout with a big idea called "wayang kulit Jawa Timuran, Warisan Sidoarjo for Generation". The purpose of this design is to be more interesting and accepted by the target teenagers.

These books had been achieved the freedom of information, namely the use in application for the protection of Indonesian assets and culture, among others, Javanese leather puppets by archiving all information through illustrated book media. This design has been pulled from flexible content with a simple and elegant image touch for teens. In the future, however, a larger user testing should be more appropriate to the target audience and more useful for the local community of Sidoarjo especially in the present and future.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 741.64 Arr p
Uncontrolled Keywords: wayang kulit Jawa Timuran, Sidoarjo, Buku Ilustrasi, Pelestarian.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Deryl Arrazaq
Date Deposited: 02 Nov 2020 05:32
Last Modified: 02 Nov 2020 05:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59303

Actions (login required)

View Item View Item