Perancangan Visual Branding MBS Bistro Café Steak Dengan Konsep European Cuisine Untuk Meningkatkan Awareness Dan Integritas Brand

Muhammad, Farhan Nur (2018) Perancangan Visual Branding MBS Bistro Café Steak Dengan Konsep European Cuisine Untuk Meningkatkan Awareness Dan Integritas Brand. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of PDF Final TA Perancangan Visual Branding MBS Bistro Café Farhan Nur Muhammad 3413100100 FINAL K4.pdf]
Preview
Text
PDF Final TA Perancangan Visual Branding MBS Bistro Café Farhan Nur Muhammad 3413100100 FINAL K4.pdf - Accepted Version

Download (106MB) | Preview

Abstract

Brand bukan hanya sekedar nama yang ditempelkan pada perusahaan dan produknya saja, namun merupakan simbol kepercayaan dari konsumen. Brand dapat mengalami penurunan atau bahkan “mati”, yang dimana brand tersebut tidak memiliki konsep yang seragam atau konsep perusahaan cabang satu dengan cabang lainnya tidak memiliki benang merah, sehingga tidak terdapatnya konsistensi dan integritas dalam pengaplikasian brand pada perusahaan. Pada saat brand sudah sampai kondisi tersebut, brand masih dapat diperbaiki lagi atau di hidupkan kembali. Pembaharuan (Branding) merupakan solusi yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan atau lembaga untuk memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dan dikenal oleh masyarakat dan dapat memiliki differensiasi dengan kompetitor yang sejenis. Kondisi inilah yang terjadi pada MBS (Mandiri Bahari Sejahtera) Bistro Café, merupakan perusahaan franchise yang bergerak pada bidang kuliner khususnya bistro, MBS Bistro Café saat ini memiliki 68 cabang diseluruh Indonesia, dan pada setiap cabang memiliki konsep yang berbeda-beda (dengan konsep yang menyesuaikan lokasi). Hal ini diperlukannya kegiatan branding mulai dari pengenalan identitas MBS Bistro Café, yang dapat menjadi citra restoran sehingga memiliki differensiasi dibanding kompetitor lainnya, dan masyarakat dapat lebih mudah untuk mengenali MBS Bistro Café yang berada ditengah-tengah banyaknya kompetitor steak murah lainnya. Dengan memberikan differensiasi berupa pengaplikasian identitas pada setiap media hingga pada seluruh environment restoran, diharapkan MBS Bistro Café memiliki ciri khas tersendiri. Solusi dari permasalahan MBS Bistro Café dapat dilakukan pengembangan pada visual dengan aktifitas branding hingga melakukan brand strategy, dengan melakukan penetepan ruang lingkup dari aktifitas startegi yang sesuai dengan kebutuhan dari MBS Bistro Café.
============================================================
Brand is not just a name attached to the company and its products only, but also it is
a symbol of trust from consumers. Brand may experience a decline or even "death", in
which the brand does not have a uniform concept or the concept of one branch company
does not have a common thread with other branches. Therefore, there is no consistency
and integrity in the application of the brand in the company. At the time the brand reaches
these conditions, the brand can still be repaired or revived again. Branding is a solution
that can be done by a company or institution to renew an existing brand in order to become
better and known by the community and can have differentiation with similar competitors.
This condition is what happened to MBS (Mandiri Bahari Sejahtera) Bistro Café, a
franchise company specializing in culinary especially bistro. MBS Bistro Café, currently,
has 68 branches throughout Indonesia, and each branch has a different concept (with the
concept based on the location). This branding activity is required, starting with the
introduction of MBS Bistro Café identity, which can be a restaurant image. Therefore, it
has a differentiation compared to other competitors, and people can more easily recognize
the MBS Bistro Café in the midst of many other cheap steak cuisine competitors. By giving
differentiation in the form of application of identity on each media to the entire restaurant
environment, MBS Bistro Café is expected to have its own characteristics. The solution of
MBS Bistro Café problem can be done in visual development with branding activity to
brand strategy, by determining the scope of strategic activities that suit the needs of MBS
Bistro Café.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 069.068 Muh p
Uncontrolled Keywords: Visual Branding, MBS Bistro Café, European Cuisine, Awareness
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farhan Nur Muhammad
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:37
Last Modified: 09 Oct 2020 06:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59437

Actions (login required)

View Item View Item