Perancangan Komik Digital Untuk Mempromosikan 30 Ikon Kuliner Nusantara

Jati, Surya Bagus Sasongko (2018) Perancangan Komik Digital Untuk Mempromosikan 30 Ikon Kuliner Nusantara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[img]
Preview
Text
Perancangan komik digital untuk mempromosikan 30 ikon kulner nusantara.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Indonesia terkenal di mata dunia sebagai negara dengan beragam kebudayaan dan ribuan kepulauan. Karena keberagaman tersebut, ragam jenis masakan muncul dengan jumlah mencapai ribuan, bahkan lebih. Melalui potensi tersebut terdapat peluang untuk mengembangkan salah satu sub sektor Pariwisata Indonesia, yaitu Pariwisata kuliner. Pariwisata kuliner sebelumnya telah dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata guna memperkenalkan masakan Indonesia, yaitu dengan mencanangkan 30 nama Ikon Kuliner Nusantara yang akan menjadi wajah Pariwisata kuliner Indonesia di mata internasional. Selain menjadi wajah Pariwisata kuliner Indonesia, dilaksanakannya program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mancanegara akan keragaman makanan yang ada di Indonesia. Media promosi yang akan digunakan dalam perancangan ini adalah media komik, komik dipilih karena media ini dapat menjelaskan informasi serta cerita secara sekuensial dengan menggunakan panel, dalam perancangan ini tipe dari komik yang akan digunakan adalah komik digital. Komik digital dipilih karena dapat memudahakan pendistribusian dari komik 30 Ikon Kuliner kepada pembaca dari mancanegara, konsep dari komik akan menceritakan cara memasak, bahan serta cerita dibalik tiap ikon kuliner dengan menggunakan komik tipe Vertikal kontinyu. Luaran dari perancangan ini akan berupa komik yang dapat menyajikan informasi yang deskriptif serta informatif tentang ke 30 Ikon Kuliner Nusantara. ============================================================ Indonesia has been known in the eyes of world as a nation that have a diverse culture and thousand of island. With that diversity come a thousand and more variety of cuisine. With that potential there’s a chance to develop one of sub sector of tourism in Indonesia and that is Culinary Tourism. Culinary Tourism have already been promoted by Ministry of Tourism to introduce Indonesia cuisine and that is with announcing 30 Culinary Icon of “Nusantara” that will be a face of Culinary Tourism in the eye of International Audience. Besides being a Face of Indonesia Culinary Tourism. The reason of implementing the program is to improve the awareness of international audience about the diversity of Indonesian cuisine. Promotion media that will be used in this study is comic, comic have been chosen because this media can explaining information and story gradually with a panel. In this study, the type of comic that will be used is digital comic. Digital comic chosen to make the distribution of 30 Culinary Icon comic to international audience become easier. Concept of the Comic itself will tell about the step to cook, ingredient and the story behind the cuisine with the format of Vertical continuing comic. The final version of this study will become a comic that can tell the information descriptively and informatively as possible about the 30 Icon Culinary of “Nusantara”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP Jat p
Uncontrolled Keywords: Kuliner, Pariwisata, Komik Digital, Culinary, Tourism, Digital Comic
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Surya Bagus
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:50
Last Modified: 09 Oct 2020 06:23
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/59440

Actions (login required)

View Item View Item