Analisa Kapasitas Kekuatan Ultimate Dari Sambungan Beam Dan Pelat Pada Tubular Member

Hartono, Widyo (1996) Analisa Kapasitas Kekuatan Ultimate Dari Sambungan Beam Dan Pelat Pada Tubular Member. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4904300192-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4904300192-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Beberapa penelitian telah menghasilkan pem.o1Jilan persamaan kapasitas kekuatan ultimate dari sambungWl beam dWl pelat pada tubular member (IT dan PT joint). Pada penWlDlan persamaannya masih terdapat perbedaan antara yang satu dengan lairmya, hal ini masih juga merupakan suatu studi tmtuk mendapatkan persamaan baru yang lebih baik dan konsisten yang digtmakWl dalam evalua.si perancangan kekuatan sambungWl struktur truss geladak bangunWl lepas pantai. Pennasalahan tersebut melatarbelakangi penulisWl tugas akhir ini tmtuk menganalisa secara numerik dari kapasitas kekuatan ultimate sambungWl IT dan PT dengan pendekatan teori statis non-linear pada lingkup konsep metode elemen hingga
Analisa dilakukan dengan menggunakan suatu model elemen st:ruktur dengan kondisi batas yang telah ditetapkan. Selanjutnya ditinjau pengaruh perubahan parameter geometri p pada sambungan terhadap kapasitas kekuatan ultimate sambungan akibat pembebanan aksial tekan. 5 jenis model sambtmgan IT dan 5 jenis model sambwtgan PT dengWl nilai perubah parameter p masing-masing adalah 0.5, 0.6, 0. 7, 0. 8 dan 0. 9 digtmakWl sebagai model Wlalisa kapasitas kekuatan ultimate sambtmgWl.
Sebagai verifikasi, hasil data pengujian atau (Pult)pengujian dibWldingkan dengan basil analisa secara nun1erik atau (Pult>numerik. Diperoleh basil perbandingan adalah 1.0 < {(PulUpengujian}+ {(Pu!Unumerik} < 1.05. Perbandingan ini mentmjukkan bahwa basil Wlalisa Pult dengan Wlalisa statis non-linear lebih mendekati terhadap basil pengujian dan basil penWlDlan n.unus KUTobane, dibandingkan dengan basil penW1lllan Wardenier dan Kamba Pengaruh perubahan parameter p terhadap kapasitas kekuatan ultimate sambungWl menunjukkan hubungan yq konsisten secara non-linear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 624.177 23 Har a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Aug 2018 02:52
Last Modified: 23 Aug 2018 02:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59446

Actions (login required)

View Item View Item