Studi Eksperimental Penentuan Koefisien Redaman Hycat Akibat Gerakan Couple Heaving Pitching Pada Gelombang Regular

Krisdianto, Agus (2000) Studi Eksperimental Penentuan Koefisien Redaman Hycat Akibat Gerakan Couple Heaving Pitching Pada Gelombang Regular. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100047-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4394100047-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu wahana laut yang mulai berkembang saat ini diantarany adalah kapal katamaran. Dalam objek penelitian kali ini adalah kapa katamaran bertipe HYCAT ( Hibrid Hydrofoil Catamaran ), yang memilik karekteristik serupa dengan kapal katamaran , akan tetapi dia juga dilengkap dengan foil pada bagian bawah haluan dan buritannya. Eksperimental dala tugas akhir ini menitik beratkan pada penghitungan koefisien redaman dar katamaran secara teoritis kemudian dibandingkan dengan hasil eksperime yang dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika Indonesia - BPPT Surabaya Kapal model yang digunakan menggunakan skala 1 :9 dengan aslinya da memiliki dimensi model P=2.73 m, T=0.27 m dan B=0.91 m serta displaceme 0.151 ton. Diuji pada kecepatan 4,3 m/dt, 4,7 m/dt dan 5,1 m/dt serta period gelombang 0,8 dt, 1,0 dt, 1,2 dt dan 1,4 dt dan tinggi gelombang 10 em.
Hasil eksperimen ini kemudian dibandi"ngkan dengan perhitungan teoritis dengan menggunakan teori strip. Hasil yang didapat dalam penelitia kali ini baik secara teoritis maupun ekaperimen menunjukan bahwa untu gerakan couple heaving dan pitching, nilai koefisien redaman translasi (b) da rotasi ( B ) semakin turun untuk bertambahnya kecepatan model , dan aka mengalami kenaikan untuk bertambahnya perioda gelombang. Disamping itu
didapatkan perbedaan yang tidak terlalu jauh bertaut antara nilai koefisie redaman translasi (b) teoritis dan eksperimen dengan kisaran 27-34 % . Aka tetapi untuk nilai koefisien redaman rotasi ( B ) ternyata perhitungan teoriti memiliki perbedaan yang cukup besar, hal ini kemungkinan disebabkan bahw teori strip tidak memperhitungkan adanya foil, sehingga perbedaanya hampi mendekati angka rata-rata 73 % lebih. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahw teori strip kurang sesuai atau valid untuk digunakan pada penghitungan kapalkapa cepat khususnya yang memiliki foil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.823 Kri s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Aug 2018 08:59
Last Modified: 23 Aug 2018 08:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59463

Actions (login required)

View Item View Item