Rancang Bangun Alat Pencetak Carang Mas Berbentuk Persegi Berpenggerak Mekanik

Kusuma, Ryzka Anggar and Putra, Farhan Wahyu (2018) Rancang Bangun Alat Pencetak Carang Mas Berbentuk Persegi Berpenggerak Mekanik. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211500010017&10211500010022-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10211500010017&10211500010022-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Carang mas merupakan makanan tradisional, berbahan dasar ketela rambat yang memiliki berbagai tahapan produksinya. Salah satunya proses pencetakan. Pada proses pencetakan carang mas masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan tutupan gelas kemudian untuk memadatkan di tekan dengan sendok. Proses tersebut masih kurang efisien dan kurang memerhatikan keselamatan pekerja. Oleh karena itu, dibuatlah alat pencetak carang mas dengan proses mekanis dengan cetakan yang terbuat dari stainslees food grade.
Sebelum dilakukan perancangan, terlebih dahulu dilakukan observasi pada UKM. Selanjutnya dilakukan studi literature, membuat konsep alat yang akan digunakan untuk perencanaan alat. Setelah itu dalam perencanaan alat ,melakukan perhitungan yang berkaitan dengan gaya penekanan yang digunakan untuk pemasangan komponen, analisa statika serta desain rangka yang akan dibuat, dan elemen yang dibutuhkan. Memulai pembuatan alat dengan perangkaian komponen-komponen yang telah sesuai dirangkai menjadi sebuah mesin. Setelah alat diwujudkan dan menentukan kapasitas alat. Kemudian dilakukan analisa hasil pencetakan pada produk carang emas.
Dari perencanaan alat pencetak carang mas yang dibuat mempunyai dimensi alat 600x280x620mm dan gaya penekanan sebesar 2 kgf. Alat pencetak carang mas ini menggunakan metode sistem tuas untuk pengepressannya. Berdasarkan hasil pengujian dengan alat ini pada proses pencetakan, berat awal carang mas adalah 34 gram yang dilakukan penekan menjadi 33 gram tiap carang mas. Sehingga 9 cetakan carang mas menghasilkan seberat 297 gram per/sekali penekanan dengan campuran 1,5 kg dan gula merah 250 gram.
==========================================================

Carang mas is a traditional food, made from cassava which has various stages of production. One of them is the printing process. In the printing process, mas is still done manually, using a glass cover and then to compress it on the press with a spoon. The process is still less efficient and less concerned about worker safety. Therefore, mash printing machines are made with mechanical processes with molds made from food grade stainslees.
Starting from finding information on data about tools that have been created before from the campus library or via the internet. After the observation is made, the printer will be redesigned. Then redesign, planning and calculation, preparation of tools and materials, after all these plans have been carried out. Redesign (printing) of the printing machine can be done.
From the planning of the printing machine, the mas is made to have a tool dimension of 600x280x620mm and an compression force of 2 kgf. This mascot printing tool uses the lever system method for its pressing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI 621.815 Kus r
Uncontrolled Keywords: Mold, Mas Carang, Lever System
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1230 Cutting and sawing machinery
T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Ryzka Anggar Kusuma
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:44
Last Modified: 09 Oct 2020 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59469

Actions (login required)

View Item View Item